Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi terhadap MFK

 

bukti pengawasan mfk

Dalam standar akreditasi rumah sakit 2022, khususnya pada MFK 2 poin 3 disebutkan bahwa PJ MFK wajib melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap implementasi MFK setiap tahunnya. Pengawasan dan evaluasi terhadap MFK sendiri dapat dilakukan dengan cara membuat program pengawasan MFK.

Program pengawasan MFK sendiri terdiri dari kegiatan

1.       Pemberian rekomendasi untuk fasilitas dan pelayanan RS

2.       Audit Implementasi MFK secara berkala

3.       Edukasi staf

4.       Pengawasan testing/ujicoba

5.       Penilaian keefektivan program MFK

6.       Membuat laporan tahunan

7.       Pengelolaan insiden MFK

Pemberian rekomendasi untuk fasilitas dan pelayanan RS dapat dilakukan dengan cara audit fasilitas atau ronde fasilitas. Jadi pelaksanaannya PJ MFK melakukan audit fasilitas secara berkala. Dari hasil audit tersebut maka akan didapat beberapa rekomendasi terkait perbaikan dan penambahan fasilitas di rumah sakit

Audit implementasi MFK secara berkala bisa dilakukan bersamaan dengan audit internal K3 di rumah sakit. Dalam melakukan audit tentu dibutuhkan tools auditnya. Untuk tools audit, teman-teman bisa menggunakan form audit K3 yang bisa dibeli di kami. Dari audit ini, teman-teman akan bisa menemukan ketidaksesuaian di lapangan yang dapat berdampak pada manajemen fasilitas dan keselamatan.

Edukasi staf bisa dilakukan secara internal dan eksternal. Bila dilakukan secara ekternal PJ MFK bisa mengikutsertakan tim MFK untuk mengikuti pelatihan/workshop/seminat yang berkaitan dengan MFK atau K3RS. Edukasi juga bisa dilakukan secara internal yakni dengan menggunakan training internal atau simulasi.

Pengawasan testing/ujicoba dapat dilakukan dengan melakukan ujicoba fasilitas secara berkala. Misalnya ujicoba genset dengan beban atau ujicoba sumber air alternatif rumah sakit. Ujicoba genset dengan beban tentu sangat penting dilakukan. Karena ujicoba ini akan membantu tim di lapangan dalam mempersiapkan kondisi darurat mati listrik sekaligus mengecek kondisi genset. Begitu juga dengan ujicoba sumber air alternatif rumah sakit, hal ini bertujuan agar rumah sakit tidak kekurangan air bila sumber air utamanya bermasalah.

Penilaian keefektivan program MFK dilakukan dengan memeriksa laporan bulanan program MFK yang sudah dibuat sebelumnya. Ada baiknya program MFK memiliki target kinerja yang jelas, sehingga dapat memudahkan PJ MFK dalam melihat capaian kinerjanya. Penilaian juga dapat dilakukan dengan capaian indikator mutu unit yang berkaitan dengan MFK.


Pengawasan MFK juga meliputi pengawasan insiden yang terjadi di rumah sakit. Insiden yang terjadi disini meliputi insiden kerusakan alkes dan non alkes, insiden keamanan, insiden kekerasan, insiden B3, insiden kebakaran, insiden bencana hingga insiden kecelakaan kerja di area konstruksi/renovasi di rumah sakit. Pengelolaan insiden sendiri dilakukan mulai dari investigasi awal, investigasi menyeluruh, pembuatan laporan insiden, hingga pemberian rekomendasi.

Membuat laporan tahunan tentu sudah menjadi hal yang wajib. Laporan tahunan dibuat berdasarkan hasil pengawasan dan evaluasi dari enam poin diatas. Laporan tahunan bisa dibuat sesuai dengan format laporan tahunan yang ada. Pastikan terdapat identifikais kendala, rekomendasi dan rencana tindak lanjut yang jelas di dalam laporan tersebut.

Dalam elemen penilaian pengawasan MFK, disebutkan bahwa pengawasan MFK dapat dibuktikan dalam bentuk ceklis. Nah ceklis yang dimaksud disini bisa berbentuk dua hal yaitu

1.       Ceklis masing-masing per 7 poin diatas, atau

2.       Ceklis pengawasan MFK secara keseluruhan

Adapaun ceklis pengawasan MFK versi dapat diilustrasikan sebagai berikut :

No

Item Check

Indikator

Hasil

Keterangan

1

Pemberian rekomendasi untuk fasilitas dan pelayanan RS

Audit fasilitas dilakukan secara berkala

 

 

2

Audit Implementasi MFK secara berkala

Audit MFK dilakukan secara berkala

 

 

3

Edukasi staf

Edukasi Internal

Edukasi Eksternal

 

 

4

Pengawasan testing/ujicoba

Ujicoba listrik alternatif

Ujicoba Air alternatif

 

 

5

Penilaian keefektivan program MFK

Laporan MFK sduah diberikan

 

 

6

Membuat laporan tahunan

Laporan Tahunan

 

 

7

Pengelolaan insiden MFK

Insiden yang sudah dikelola dengan baik

 

 

 

Ceklis sederhana diatas dapat kamu kembangkan dengan lebih detail lagi, namun secara garis besar ceklis tersebut sudah cukup untuk memenuhi elemen penilaian yang diminta.


Untuk pemesanan dokumen bisa cek di http://bit.ly/pemesananinfok3rs

 

Butuh konsultasi terkait K3RS atau MFK? Chat aja langsung di https://wa.me/6285697664651

 

#k3rs #infok3rs #mfk #akreditasirs


Posting Komentar untuk "Bukti Pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi terhadap MFK"