Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan B3 Rumah Sakit (Versi KARS 2012)




Panduan B3 (bahan beracun dan berbahaya) rumah sakit adalah panduan yang digunakan sebagai acuan dalam pengelolaan bahan B3 di rumah sakit. Rumah sakit merupakan salah satu area yang banyak menggunakan bahan B3 dalam operasionalnya. Tentu saja bahan B3 tersebut memiliki resikonya masing-masing. Makanya untuk menjaga keselamatan dalam penggunaan bahan B3, rumah sakit wajib memiliki panduan B3.

Panduan B3 rumah sakit biasanya dibuat oleh petugas K3RS dan petugas kesehatan lingkungan (kesling). Pengelolaan bahan B3 di rumah sakit dimulai dari pembelian, penyimpanan, penggunaan, dan pembuangan (limbah). Nah, semua tahapan diatas wajib dimonitoring dan dipantau keberjalanannya, sebab ke semua tahap diatas memiliki resikonya masing-masing. Makanya dalam pengelolaan B3, ada banyak formulir yang dipakai, seperti Formulir Tumpahan B3, Formulir Audit B3 dan Formulir Kecelakaan kerja akibat terpapar cairan B3. Terkadang bahan B3 ini dijadikan salah satu indikator mutu K3RS.

Secara umum, Panduan B3 rumah sakit berisi tentang :
1. Identifikasi B3
2. Manajemen B3
3. Penanganan tumpahan B3
4. Pengelolaan limbah B3
5. Alat pelindung diri
6. Intalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
7. Tempat pembuangan Sementara B3 (TPS B3
8. Label dan simbol B3

Buat kamu yang ingin melihat contoh Panduan B3 Rumah Sakit versi SNARS 2018 silakan kontak 085697664651 untuk pemesanan dan pembeliannya.

Posting Komentar untuk "Panduan B3 Rumah Sakit (Versi KARS 2012)"