Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Hazard Vulnerability Analysis (HVA) di Rumah Sakit

www.infok3rs.me



Hazard Vulnrability Analysis (HVA) rumah sakit adalah suatu tools/alat untuk identifikasi bahaya dan penilaian resiko dalam kesiapsiagaan rumah sakit menghadapi bencana di rumah sakit. HVA mirip dengan HSI (Hospital Safety Index), bedanya, bila HSI berupa ceklist/formulir isian berlembar-lembar, sedangkan HVA berupa tabel isian yang disertai skor-skor untuk penilaian resikonya.
Tools HVA yang banyak dipakai di Indonesia banyak yang bersumber atau mengadopsi dari Kansas Department of Health and Environment. Saya sendiri juga menggunakan tools dari sini, karena memang dibanding yang lain, tools HVA kansas ini jauh lebih mudah dipahami dan spesifik khusus untuk rumah sakit.

Buat kamu yang tertarik untuk mencoba menggunakan HVA kansas ini untuk diaplikasikan di rumah sakit kamu, silakan googling saja dengan keyword HVA kansas. Kamu pasti akan menemukannya, baik tools nya maupun Guiding Book nya.

Di HVA yang akan saya contohkan ini adalah HVA yang pernah saya buat tahun lalu. Untuk kategori bencananya saya bagi menjadi 4 kelompok yaitu Human hazard, technological hazard, Natural hazard dan hazardous material. Empat kelompok ini tidaklah harus digunakan, kamu bisa mengelompokkannya sendiri sesuai dengan kebijakan rumah sakit masing-masing. Saya pernah melihat HVA suatu rumah sakit yang untuk pengelompokan bencananya dibagi menjadi enam kelompok yaitu keselamatan & keamanan, B3, Proteksi kebakaran, Disaster plan, sistem utilitas dan peralatan medis.

Untuk pengisiannya cukup mudah, kamu hanya tinggal menginput skor untuk penilaian likelyhood, impact dan kesiapan di tools HVA Kansas tersebut. Untuk perhitungan nya pun kamu gak perlu bingung, karena tools HVA kansas ini sudah dilengkapi rumus-rumus excell di dalamnya. Jadi begitu kamu selesai menginputnya, maka skor penilaiannya akan langsung terlihta. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan summary nya langsung.

Saya pernah ikut serta juga dalam bimbingan KARS akreditasi suatu rumah sakit, pada satu kesempatan surveyor menyebutkan bahwa sebelum rumah sakit menyusun HSI, maka ia terlebih dahulu harus membuat HVA nya.
HVA sendiri tidak boleh disusun oleh Tim K3 sendiri, tapi ada baiknya melibatkan manajemen atau bidang lainnya. Di rumah sakit saya bahkan direktur sampai membuatkan SK untuk Tim Penyusunan HVA yang anggotanya terdiri dari berbagai macam bidang/unit di rumah sakit.

Dalam standar akreditasi rumah sakit HVA rumah sakit masuk ke dalam penilaian akreditasi rumah sakit. Pembuatan Hazard Vulnerability Analysis rumah sakit masuk ke Pokja MFK (Manajemen Keselamatan dan Fasilitas). Di standar akreditasi rumah sakit versi SNARS 2018, HVA rumah sakit akan di observasi dan di review dokumennya oleh surveyor. HVAI rumah sakit masuk ke dalam elemen penilaian standar MFK 4 tentang Keselamatan dan Keamanan.

Buat kamu yang ingin melihat contoh HVA Rumah Sakit versi infok3rs.id silakan kontak 085697664651 untuk pemesanan dna pembeliannya. Kamu juga bisa konsultasi seputar K3RS atau MFK disana lho.

1 komentar untuk "Contoh Hazard Vulnerability Analysis (HVA) di Rumah Sakit"

  1. terimakasih atas informasi dan contoh yang diberikan. sangat jelas sekali. semoga yang Anda sampaikan mendapat balasan dari Allah SWT. Aamiin.

    BalasHapus