Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Hasil Pemantauan Keselamatan - MFK 3

 

bukti hasil pemantauan keselamatan

Rumah sakit wajib melakukan pemantauan resiko keselamatan yang dibuktikan dengan laporan pengelolaan keselamatan setiap enam bulan sekali kepada direktur rumah sakit. Laporan pengelolaan keselamatan ini apakah sama dengan laporan K3? Laporan ini apakah sama dengan laporan MFK? Lalu apa saja isi laporan pengelolaan keselamatan ini? Oke pada kesempatan ini kita akan bahas secara mendetail mengenai elemen penilaian yang agak baru di standar akreditasi rumah sakit 2022

Sebelum berbicara soal laporan pengelolaan keselamatan, maka kita harus bicara dulu terkait program keselamatan rumah sakit. Program keselamatan rumah sakit wajib memuat 3 poin penting ini yaitu Pengelolaan risiko keselamatan di lingkungan rumah sakit, Penyediaan fasilitas pendukung yang aman dan Pemeriksaan fasilitas dan lingkungan (ronde fasilitas) secara berkala.

Kalau melihat 3 poin penting diatas, maka isinya agak berbeda dengan isi program K3RS, karena program K3RS memuat 8 poin mulai dari keselamatan, keamanan hingga kesehatan kerja. Bisa dibilang keselamatan masuk kedalam salah satu aspek K3RS. Makanya bila kamu menyerahkan laporan bulanan/triwulan/semester K3 untuk menjawab elemen penilaian, sebetulnya sudah bisa menjawab EP MFK 3 Poin 4.

Namun, bila kamu punya program keselamatan yang berbeda dengan program K3RS, maka kamu sebaiknya membuat laporan pengelolaan keselamatan secara terpisah. Laporan ini tentu mengikuti kegiatan-kegiatan di dalam program keselamatan yang ada, yaitu Pengelolaan risiko keselamatan di lingkungan rumah sakit, Penyediaan fasilitas pendukung yang aman dan Pemeriksaan fasilitas dan lingkungan (ronde fasilitas) secara berkala.

Pengelolaan resiko keselamatan rumah sakit dapat dilakukan dengan membuat identifikasi bahaya dan penilaian resiko keselamatan. Asesemen ini bisa menggunakan form manajemen resiko yang berlaku di rumah sakit anda. Dari asemen resiko ini maka akan didapat kondisi-kondisi yang tidak sesuai atau tidak ideal dimana dibutuhkan intervensi. Nah hasil kajian resiko inilah yang kamu masukan ke dalam laporan pengelolaan keselamatan.

Penyediaan fasilitas pendukung yang aman ini sebetulnya berbentuk rekomendasi. Jadi PJ MFK memberikan rekomendasi fasilitas pendukung apa saja untuk menunjang keselamatan di rumah sakit. Adapun rekoemndasi ini dapat ditemukan Ketika PJ MFK melakukan ronde fasilitas, audit K3 atau kegiatan observasi lapangan lainnya. Contoh fasilitas pendukung yang bisa diimplementasikan di rumah sakit adalah pemberian safety walk pada tangga, pemberian CCTV di lokasi beresiko, pemberian door lock di pintu area beresiko atau pemberian karpet di ramp yang licin. Nah, segala kondisi-kondisi tidak ideal yang ditemukan dilapangan yang membuthkan fasilitas penunjang inilah yang dilaporkan di dalam laporan pengelolaan keselamatan.


Pemeriksaan fasilitas dan lingkungan ini bisa berbentuk ronde fasilitas. Ronde fasilitas merupakan kegiatan observasi lapangan untuk mendapatkan ketidaksesuaian yang bisa membahayakan atau menghambat pelayanan di rumah sakit. Dalam melakukan ronde fasilitas tentu kamu perlu tools untuk melakukannya, yaitu dengan form ronde fasilitas. Nah untuk ronde fasilitas ini bisanya dilakukan oleh Tim MFK di unit-unit rumah sakit.

Pemeriksaan berkala juga tidak harus dilakukan dengan ronde fasilitas oleh Tim MFK, tapi bisa juga dilakukan dengan unit sendiri. Setiap unit melakukan pemeriksaan harian fasilitas secara konsisten setiap harinya.  Pemeriksaan harian fasilitas dapat dibuktikan dengan pengisian form pemeriksaan harian fasilitas. Fasilitas yang dimaksud disini dapat berupa AC, TV, furniture, bangunan, kelistrikan yang ada di unit tersebut. Hasil ronde fasilitas dan pemeriksaan harian fasilitas inilah yang dimasukkan kedalam laporan pengelolaan keselamatan.

Untuk format laporannya sendiri sebetulnya anda tinggal membuat laporan sesuai format laporan yang ditentukan rumah sakit atau sesuai tata naskah rumah sakit. Laporan ini dibuat setiap semester. Makanya dalam satu semester pastikan anda sudah melakukan asesmen resiko, pengkajian fasilitas penunjang dan ronde fasilitas minimal satu kali.

Untuk pemesanan dokumen bisa cek di http://bit.ly/pemesananinfok3rs

 

Butuh konsultasi terkait K3RS atau MFK? Chat aja langsung di https://wa.me/6285697664651

 

#k3rs #infok3rs #mfk #akreditasirs


Posting Komentar untuk "Bukti Hasil Pemantauan Keselamatan - MFK 3"