Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Disaster Plan Rumah Sakit




Panduan Disaster Plan rumah sakit adalah panduan yang digunakan sebagai acuan dalam perencanaan penanggulangan bencana di rumah sakit . Sebagaimana yang kita ketahui, bencana di rumah sakit terbagi menjadi dua, yaitu bencana internal dan eksternal. Bencana internal itu seperti, kebakaran, gempa bumi, penculikan bayi, ancaman bom dan bangunan roboh. Untuk bencana eksternal sendiri seperti menerima korban dalam jumlah banyak. Banyaknya bencana yang mungkin terjadi di rumah sakit tersebut membuat rumah sakit wajib memiliki suatu panduan perencanaan penanggulanagn semua bencana tersebut. Panduan ini dinamakan panduan disaster plan.

Panduan disaster plan tidak hanya ada di rumah sakit. Setiap perusahan wajib memilikinya. Panduan disaster plan tidak juah berbeda dengan Emergency Plan. Intinya panduan ini berisi tentang, perencanaan dan langkah-langkah penanggulangan bencana. Contohnya adalah saat bencana tsunami di palu yang lalu. Ada bencana alam yang memporak-porandakan satu kota. Akibat bencana itu banyak timbul korban jiwa. Secara otomatis para korban tersebut akan dibawa kerumah sakit. Nah bagaimana cara rumah sakit menghadapi gelombang korban dalam jumlah banyak tersebut harus ada di panduan disaster plan. Peran rumah sakit dalam kondisi bencana sangatlah vital. Karena rumah sakitlah tujuan akhir daripada persoalan-persoalan yang menyangkut manusia.

Panduan disater plan pun bertujuan untuk acuan atau pedoman rumah sakit ketika dihinggapi oleh bencana yang memporak-porandakan gedung atau pelayanan rumah sakit itu. BIla gedung rumah sakit hancur akibat gempa, maka dibutuhkan perencanaan yang matang agar bencana itu tidak menambah korban lebih banyak lagi. Harus ada pedoman perencanaan yang bisa mengatasi persoalan itu. Tentu saja perencanaan itu akan berupa langkah-langkah mitigasi bencana. Makanya bila hanya mempunyai panduan disaster plan saja, saya kira tidaklah cukup.

Panduan disaster plan tidak hanya dibuat tapi juga disosialisasikan kepada seluruh karyawan yang ada di rumah sakit. Edukasi dan diklat tentang penanggulangan bencana wajib konsisten dilakukan oleh rumah sakit kepada karyawannya. Di akreditasi, simulasi bencana diminta minimal satu kali dalah setahun untuk seluruh karyawannya. Soalnya dengan begini, maka perencanaan yang ada itu dan ditunjang dengan staf yang sigap dan profesioanal ketika melakukannya maka akan mengurangi dampak bencana. Kerusakan atau korban akibat bencana pun akhirnya terminimalisir.

Panduan Disaster Plan rumah sakit biasanya dibuat oleh petugas K3RS atau tim penanggulangan bencana RS. Namun sebaiknya panduan disater plan ini dibuat oleh orang yang berkompeten di unit-unit rumah sakit. Makanya sebelum membuat panduan disaster plan ada baiknya kamu membuat job safety analysisi terlebih dahulu. Berbeda dengan pengamanan kebakaran, untuk disaster plan adalah kerja sama tim. Ada organisasi atau tim di dalamnya. Dalam suatu bencana, maka akan ada berbagai proses di dalamnya, seperti proses evakuasi, proses penyelamatan aset, proses permintaan bantuan terhadap instansi lain, proses penanganan korban, proses penanggulangan bencana, proses pemulihan/recoveri dan proses perhitungan kerugian serta proses yang berkaitan dengan media. Nah semua proses-proses tersebut biasanya masuk ke dalam dokumen panduan disaster plan. 

Inilah pentingnya sebuah rumah sakit memiliki panduan disaster plan. Agar, jika terjadi bencana, rumah sakit tetap bisa bekerja profesional dan meminimalisir korban serta tetap melakukan pelayanan secara optimal.
Sebelum menyusun panduan disaster plan, ada baiknya petugas k3rs melakukan identifikasi bencana. Banyak formulir yang bisa digunakan. Kebanyakan rumah sakit mamakai formulir HVA (Hazard Vurnerrability Analisys) dan formulir HSI (Hospital Safety Index).

Secara umum, Panduan Disaster Plan rumah sakit berisi tentang :
1. Jenis bencana
2. Tindakan bila terjadi bencana
3. Tim penanggulangan bencana
4. Sistem pelaporan dan komunikasi
5. Mitigasi bencana
6. Penanganan Bencana

Buat kamu yang ingin memiliki Panduan Disaster Plan Rumah Sakit versi SNARS 2018, silakan hubungin 085697664651 untuk pemesanan dan pembeliannya.

Posting Komentar untuk "Panduan Disaster Plan Rumah Sakit"