Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hospital Safety Index (HSI) Rumah Sakit BAHASA INDONESIA




Hospital Safety Index atau HSI rumah sakit adalah identifikasi bahaya dan penilaian resiko dalam kesiapsiagaan rumah sakit menghadapi bencana di rumah sakit. HSI mirip dengan HVA, bedanya HSI berupa ceklist/formulir sedangkan HVA berupa tabel isian. Pada Hospital Safety Index terdiri dari 4 bagian, yaitu lokasi geografis rumah sakit, elemen keamanan bangunan struktural, elemen keamanan non struktural dan kapasitas fungional rumah sakit.

HSI atau hospital safety rumah sakit rumah sakit digunakan untuk panduan rumah sakit dalam mempersiapkan segala hal dalam penanggulangan bencana. Dari HSI, rumah sakit bisa tau kemampuan sesungguhnya rumah sakit untuk menghadapi bencana. Makanya bisa dibilang, hospital safety index sangat lah penting untuk dibuat dan disahkan. Dalam pembuatan hospital safety index, rumah sakit wajib membuat tim terlebih dahulu yang terdiri dari berbagai pihak. Nah Tim K3 RS memiliki peran penting dalam mengkomandokan pembuatan HSI ini karena petugas K3RS sudah memiliki kemampuan dasar akan bencana di dalamnya.
Saat ini hospital safety index yang dipakai adalah yang dibuat oleh WHO. Tentunya formulir HSI tersebut berbahasa inggris. Kendala saat ini, belum ada terjemahan resmi bahasa indonesia di formulir hospital safety index, makanya banyak rumah sakit yang menerjemahkan sendiri formulir HSI, Akibatnya, ya terjemahan tersebut masih belum terlalu baku.

Buat kamu yang ingin melihat contoh Hospital Safety Index Rumah Sakit versi infok3rs.id silakan kontak 085697664651 untuk pemesanan dan pembeliannya. Kamu juga bisa menggunakan jasa pembuatan dokumen di infok3rs ID lho.

5 komentar untuk "Hospital Safety Index (HSI) Rumah Sakit BAHASA INDONESIA"

  1. Malam Mas..
    izin mas untuk minta file hospital safety index ny dalam bentuk word..
    boleh bagikan ke email saya mas?
    Pr3m_rj@yahoo.com

    terima kasih..

    BalasHapus
  2. Maaf, izin minta file HSI dalam bentuk word, boleh kirim ke email saya? kharimasta@gmail.com

    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum, permisi saya mau tanya ini kan HSI awalnya bahasa inggris kemudian ditranslate ke bahasa indonesia oleh admin, apakah sebelumnya sdh di validasi hasil translatenya oleh pakar/ atau sdh pernah digunakan dipenelitian sebelumnya? Terimakasih, mohon konfirmasinya🙏

    BalasHapus
  4. permisi, terimakasih sebelumnya sudah membuat postinga yang sangat bermanfaat.. boleh minta hospital safey indexnya ke dvchrestella@gmail.com kah?

    BalasHapus
  5. siang mas, izin minta instrumen hospital safety index nya ke email nihafamily5@gmail.com, terima kasih

    BalasHapus