Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Investigasi Kecelakaan Kerja di Rumah Sakit




Laporan investigasi kecelakaan kerja di rumah sakit adalah suatu pelaporan yang digunakan untuk menganalisa secara mendalam suatu kecelakaan kerja untuk didapat akar masalah dan penyebab terjadinya kecelakaan kerja tersebut. Investigasi kecelakaan juga adalah suatu cara untuk mencari fakta-fakta yang  berkaitan dengan kecelakaan. Penyebab-penyebabnya dan mengembangkan langkah-langkah untuk mengatasi serta upaya untuk mengendalikan resikonya. Investigasi atau menyelidiki kecelakaan dilakukan guna mencari sebab-sebab dasar dari suatu kecelakaan sehingga kecelakaan serupa tidak terulang kembali.

Seperti yang kita ketahui, rumah sakit merupakan area yang memeiliki banyak resiko K3. Ada banyak hal yang bisa membuat terjadinya suatu kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. Rumah sakit juga memiliki resiko infeksi nosokomial, karena ada  banyak pasien atau orang sakit di dalamnya. Nah berkaca pada hal itu, maka tidak heran kalau di rumah sakit ada beberapa insiden kecelakaan kerja yang terjadi. Tentu saja kecelakaan kerja tidak terjadi dengan sendirinya atau kebetulan. Kecelakaan kerja terjadi biasanya disebabkan oleh tindakan tidak aman atau lingkungan tidak aman. Nah untuk mengetahui penyebab kecelakaan kerja, maka perlu dilakukan investigasi kecelakaan kerja.



Dalam disiplin ilmu K3, setiap kecelakaan kerja wajib dilakukan investigasinya, baik itu kejadian nyaris cidera (nearmiss), kecelakaan kerja ringan, sedang, berat dan fatal. Metode investigasi kecelakaan kerja berbeda dengan investigasi insiden keselamatan pasien. Bila di Insiden keselamatan pasien dikenal dengan istilah investigasi sederhana dan lanjutan, maka di insiden K3 tidak ada istilah tersebut, di dunia K3, seluruh macam investigasi disebut dengan investigasi kecelakaan kerja.

Contoh Laporan investigasi kecelakaan kerja versi infok3rs.me ini menggunakan metode SCAT dalam melakukan analisa penyebab kecelakaan kerjanya. SCAT adalah suatu tool yang digunakan untuk mengevaluasi dan menginvestigasi incident dengan menggunakan SCAT chart. SCAT dikembangkan dari ILCI (International Loss Control Institute) Loss caution Model Dalam salah satu literature review dikatakan bahwa “The Systematic Cause Analysis Technique (SCAT) is a method which has been developed by the International Loss Control Institute (ILCI), which can be used to determine theroot causes of an incident once a description of the sequence of events has beendetermined. A paper describing SCAT by Bird and Germain (1985) is reproduced in a manual by ILCI (1989).” (Health Safety Executive, United Kingdom, 2001 ).

Laporan investigasi kecelakaan kerja rumah sakit versi infok3rs.id ini sendiri terdiri dari beberapa bab, yaitu pendahuluan, metode scat, investigasi, kesimpulan dan penutup. Setiap insiden K3 wajib dilakukan investigasinya, agar bisa diketahui penyebab kecelakaan dan mencegah terjadinya kejadian serupa di masa depan. Laporan investigasi kecelakaan kerja ini wajib dibuat oleh praktisi K3RS bila terjadi insiden K3. Laporan ini bisa diserahkan ke direktur dan sebaiknya bersifat rahasia saja, maksudanya tidak perlu semua orang tahu. Mungkin bijaknya hanya orang terkait saja yang mendapatkan laporan investigasinya.



Dalam standar akreditasi rumah sakit laporan investigasi kecelakaan kerja rumah sakit masuk ke dalam penilaian akreditasi rumah sakit. Laporan investigasi insiden K3 ini diminta di beberapa elemen penilaian MFK. Di standar akreditasi rumah sakit versi SNARS 2018, laporan investigasi kecelakaan kerja rumah sakit akan di observasi dan di review dokumennya oleh surveyor. Laporan investigasi kecelakaan kecelakaan kerja rumah sakit masuk ke dalam elemen penilaian standar MFK 3 dan 10.

Buat kamu yang ingin melihat contoh laporan investigasi kecelakaan kerja versi infok3rs.id silakan kontak 085697664651 untuk pemesanan dan pembeliannya.



Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Investigasi Kecelakaan Kerja di Rumah Sakit"