Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Triwulan K3RS




Rumah sakit telah merencanakan untuk menjadi rumah sakit yang terakreditasi berdasarkan Standar Akreditasi Rumah Sakit versi 2012 pada tahun 2017. Untuk mencapai tujuan tersebut, Rumah sakit melakukan kegiatan keselamatan dan kesehatan kerja dalam segala aspek. Kegiatan ini dilakukan di setiap unit kerja/ instalasi/komite baik untuk karyawan, pasien, pengunjung dan unit independen. K3 dalam suatau perusahaan bertujuan untuk memberikan rasa aman dan selamat ketika bekerja, sehingga dapat terbebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, yang mana jika hal tersebut terjadi maka dapat meningkatkan produktivitas ketika bekerja. Selain itu K3 juga dapat menjadi tolak ukur mutu suatu perusahaan.

Dalam program kesehatan dan keselamatan kerja, Tim K3 mengacu pada UU No 1 tahun 1970, PP No 50 Tahun 2012,  Permenkes No 66 Tahun 2016 dan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit tahun 2018 khususnya di poin Manajemen Fasilitas dan Keselamatan.

Dalam pelaksanaannya, K3 juga masuk dalam indikator mutu rumah sakit yaitu kejadian tertusuk jarum, Maintenance APAR dan Hidrant, Jumlah karyawan yang terdeukasi pelatihan K3 dan Kepatuhan karyawan dalam aturan tidak merokok di lingkungan rumah sakit.



Laporan keselamatan dan kesehatan kerja ini dibuat berdasarkan perkembangan data yang didapat setiap bulannya selama Juli - September 2018. Diharapkan melalui data ini perkembangan kualitas pelayanan Rumah sakit dapat terpantau dengan baik.

Dalam rangka meningkatkan kinerja keselamatan dan kesehatan kerja di rumah sakit, Rumah sakit membuat program keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Untuk mengetahui pelaksanaan program kerja maka dilakukan evaluasi pelaksanaan program kerja tahun 2018 sebagai tersebut berikut ini.

Evaluasi pelaksanaan program secara keseluruhan dilakukan setiap 3 bulan sekali (triwulan) dan dilaporkan kepada Direktur Rumah sakit untuk selanjutnya akan di laporkan kepada Direktur Utama



Contoh Laporan Triwulan K3RS versi infok3rs.me ini terdiri dari beberapa bab, antara lain pendahulauan, tujuan, ketenagaan, laporan pekerjaan, laporan insiden, laporan indikator mutu, dan penutup. Laporan triwulan dibuat berdasarkan program kerja k3RS yang telah disusun sebelumnya. Maka bila kamu melihat contoh laporan triwulan K3RS versi infok3rs.me ini maka bisa dipastikan isi laporan di dalamnya berdasarkan program kerja K3RS yang pernah infok3rs.me share sebelumnya.
Bila merujuk pada permenkes 66 tahun 2016, laporan K3RS dibuat bulanan dan tahunan. Dan di permenkes tersebut pun sudah dilampirkan contoh format pelaporannya. Nah contoh laporan triwulan K3RS versi infok3rs.me ini sudah menyesuaikan dengan permenkes 66 namun juga sudah dimodifikasi dengan selengkap mungkin.

Dalam standar akreditasi rumah sakit laporan triwulan K3RS tidak diminta secara langsung di penilaian akreditasi rumah sakit. Namun bila di rumah sakit kamu yang mengawasi program manajemen resiko dan fasilitas adalah Tim K3RS, maka laporan triwulan ini akan diminta oleh surveyor. Di standar akreditasi rumah sakit versi SNARS 2018, di elemen penilaian MFK 10, disebutkan bahwa rumah sakit harus memonitoring program manajemen resiko dan fasilitas, hasil monitoring bisa berupa laporan setiap 3 bulan ke direktur. Nah laporan triwulan K3RS ini bisa kamu gunakan untuk melengkapi elemen penilaian tersebut.

Laporan triwulan K3RS wajib dikerjakan oleh praktisi K3RS sebagai bentuk pertanggungjawabannya dan laporan kinerja K3 di rumah sakit. Selain itu di beberapa rumah sakit, laporan triwulan K3RS ini juga terkadang diserahkan ke dinkes atau disnaker setempat.



Laporan triwulan K3RS akan di observasi dan di review dokumennya oleh surveyor. Dokumen sendiri biasanya berupa laporan insiden, rencana tindak lanjutnya (investigasinya) dan monitoring keberjalanan program.

Buat kamu yang ingin melihat contoh laporan triwulan K3RS versi infok3rs.id silakan kontak 085697664651 untuk pemesanan atau pembeliannya.

4 komentar untuk "Contoh Laporan Triwulan K3RS"

  1. mohon info pelatihan manajemen resiko K3RS

    BalasHapus
  2. boleh di share file asli wordnya pak ?
    christianrsud@gmail.com
    makasih

    BalasHapus
  3. mungkin bisa di share pak file yang asli?
    membantu sekali ini pak @christianrsud@gmail.com

    terimakasih

    BalasHapus
  4. boleh minta contoh laporannya pak,kami pemula di k3rs,jdi masih bigung bigung,bisa dikirimkan propilnyakah pak,



    BalasHapus