Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1




Dalam memastikan operasional rumah sakit berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan aturan yang berlaku, rumah sakit memiliki audit RS tersendiri yang bernama Akreditasi Rumah Sakit. Akreditasi RS sudah berlangsung sejak 1995 di Indonesia dengan berbagai standar akreditasi yang digunakan untuk penilaian. Standar penilaian akreditasi banyak mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Untuk Tahun 2018 ini, standar akreditasi yang berlaku adalah, Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit 2018 (SNARS 2018).

SNARS sudah mulai diberlakukan secara nasional di tahun 2018. Jadi untuk Rumah Sakit yang akan melaksanakan akreditasi di tahun ini, sudah pasti akan menggunakan acuan SNARS 2018, tidak lagi menggunakan acuan standar akreditasi lama yang tahun 2012. SNARS 2018 sendiri ada beberapa versi, untuk yang dipakai dari pertama kali hingga hari ini adalah SNARS edisi 1. Di bulan Agustus 2019 nanti akan ada SNARS edisi 1.1 dan Di Bulan Agustus tahun 2020 akan ada SNARS edisi 2.

Dibandingkan dengan Standar Akreditasi 2012, SNARS 2018 jauh lebih detail dan jelas dalam pemaparannya. Jika pada standar 2012, ada beberapa  poin yang begitu sulit untuk dicari maknanya, maka hal itu tidak akan ditemukan lagi di SNARS 2018. SNARS memang memiliki poin penilaian yang lebih banyak, tapi hal itu bukan menjadi masalah, karena dalam SNRAS 2018 pemaparan acuan sudah menggunakan kosakata kalimat yang mudah dicerna dan tentu saja up to date.


Rumah sakit saya sendiri, baru saja melaksanakan akreditasi dengan standar 2012 tahun lalu. Ketika pelaksanaan akreditasi, sang surveyor sudah mulai menggunakan beberapa acuan SNARS 2018 dalam meng-akreditasi poin-poin di  elemen MFK, seperti penggunaan Hospital Safety Indeks dalam assesment resiko kesiapsiagaan RS dalam menghadapi bencana, penunjukan satu orang untuk mengurusi gas medis ketika terjadi kebakaran dan masuknya benda tajam ke dalam kategori bahan B3 di rumah sakit.

Di SNARS 2018, elemen MFK tidak begitu banyak perbedaan dari Standar Akreditasi 2012, lagi-lagi yang membedakannya hanya kalimat yang lebih mendetail dan mudah dicerna. Secara pribadi, saya sudah mulai me-review beberapa poin di elemen MFK. Hasil review ini akan saya paparkan di tulisan saya selanjutnya.

Elemen MFK di SNARS 2018 nyaris sama persis dengan Standar Akreditasi 2012, yaitu antara lain:
1.    Keselamatan dan Keamanan
2.    Bahan Beracun dan Berbahaya
3.    Penanggulangan Bencana
4.    Proteksi Kebakaran
5.    Peralatan medis
6.    Manajemen Utilitas

Ke-enam elemen MFK diatas sangat terkait dengan job-desk K3 RS. Jika temen-temen membandingkannya dengan PMK No 66 tahun 2016, maka jangan terheran jika menemukan beberapa poin yang sama atau nyaris sama. Karena memang, SNARS 2018 ini menggunakan acuan PMK 66 dalam penyusunannya.

Namun di SNARS 2018 untuk implementasi sangat dianjurkan untuk benar-benar dilaksanakan sesuai regulasi yang ada. Misalnya di regulasi terdapat review program setiap satu tahun sekali, nah maka tim MFK wajib membuat dokumentasi saat sedang mereview program tersebut. Dalam mereview program maka diperlukan rapat terlebih dahulu, lalu di rapat tersebut tim akan membahas keberjalanan program selama setahun belakangan, keberjalanan ini bisa dilihat dari laporan triwulan yang sudah dibuat sebelumnya. Nah makanya, dokumen nya cukup banyak, yaitu undangan rapat, absensi, materi rapat, notulen rapat dan laporan tahunan program.

Lalu di SNARS juga terdapat PCRA dan FSRA. Kedua hal itu adalah dokumen penilaian resiko pada kegiatan kontruksi dan pengamanan kebakaran. Meskipun berbentuk dokumen, namun dalam pembuatannya PCRA dan FSRA wajib dilakukan rapat tersendiri, bahkan ada rumah sakit yang membuat tim khusus dalam pembuatan dokumen itu. Dokumen PCRA dan FSRA pun tidak hanya berupa formulir isian saja, namun juga dilengkapi dengan laporan nya, laporan yang di dalamnya terdapat analisa dan tindak lanjut.

Bila rumah sakit kamu akan mengikuti akreditasi, ada baiknya para pokja lebih menguasai buku SNARS 2018 dan memahami maksud dan tujuan dari elemen penilaian yang diminta. Saya kurang merekomendasikan bila kamu langsung mendownload dan mempelajari instrumen penilaian SNARS. Sebaiknya pahami dahulu buku SNARS 2018, dan lengkapilah dokumen berdasarkan apa yang diminta di maksud dan tujuannya.

Buat kamu yang ingin memiliki File SNARS 2018 dan instrumen penilaiannya silakan googling saja dengan keyword SNARS 2018.

Posting Komentar untuk "Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1"