Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program B3 Rumah Sakit




Program B3 rumah sakit adalah program yang meliputi perencanaan pengelolaan bahan beravun dan berbahaya (B3) yang ada di rumah sakit. Dalam menunjang operasionalnya, rumah sakit tidak bisa terlepas dari bahan-bahan kimia. Bahan kimia yang digunakan banyak yang masuk dalam kategori bahan B3, sehingga dalam penanganannya membutuhkan penanganan yang khusus.

Program B3 rumah sakit meliputi tahap pembelian, pendistribusian, penyimpanan, pemakaian dan pembuangan. Makanya, program B3 ini termasuk program lintas sektor, karena bahan B3 dipakain oleh banyak petugas kesehatan. B3 banyak memiliki potensi bahaya dan resiko, sehingga peran K3 disini sangat penting. Selain itu limbah B3 juga dapat mencemari lingkungan dan mencederai petugas jika tidak ditanganani dengan benar, makanya peran kesling disini juga penting dalam pengelolaan B3. Dengan adanya program B3 rumah sakit ini, maka diharapkan rumah sakit mampu secara profesional menangani bahan B3 yang terjadi di lingkungannya. Selain itu, monitoring program B3  juga harus selalu dilaksanakan secara konsisten dan dilakukan evaluasi jika terjadi hal yang tidak sesuai dengan perkiraan.

Dalam membuat program B3 rumah sakit, maka ada baiknya kamu melakukan asesmen resiko terkait B3 di rumah sakit. Asesmen resiko ini meliputi B3 apa saja yang digunakan di rumah sakit, bagaimana fasilitas rs terhadap pengelolaan B3, proses handling B3 hingga pengelolaan limbahnya. Dari seluruh aktivitas terkait B3 dibuat asesmen resikonya. Maka di dapat prioritas resiko, nah dari sana buat langkah perbaikannya lalu tuangkan hasilnya dalam bentuk program.

Dalam membuat program B3 maka kamu juga jangan sampai luput dari limbah B3. Limbah B3 sendiri sama berbahaya dengan B3 itu sendiri. Makanya dalam asesmen resikonya, kamu juga wajib memasukkan soal limbah B3. Cara melakukan asesmen resiko B3 sendiri kamu bisa menggunakan form HIRADC yang paling umum digunakan di dunia K3.

Pembuatan program B3 ini wajub mengikutsertakan unit terkait seperti bagian Kesling. Kesling lebih berperan dalam pengelolaan limbah B3 yang ada. Jadi baik K3 dan Kesling wajib sama-sama berkordinasi maksimal ya.

Program B3 rumah sakit sendiri isinya tidak terlalu banyak. Namun tetap wajib dievaluasi setiap tahunnya. Apalagi bila banyak terjadi insiden terkait B3. Oiya dalam membuat program B3 ini kamu juga wajib menyesuaikannya dengan regulasi pemerintah ya. Ada beberapa regulasi pemerintah yang mengatur soal B3 ini.

Saat ini program B3 sudah wajib menyesuaikan dengan SNARS versi 1.1. Nah bagi kamu yang ingin tahu bagaimana file tersebut silakan kontak 085697664651 saja untuk pembelian atau pemesanan dokumennya. Tapi Buat kamu yang ingin melihat contoh Program B3 Rumah Sakit versi KARS 2012 masa bisa melihat contoh berikut :

Posting Komentar untuk "Program B3 Rumah Sakit"