Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Disaster Plan Rumah Sakit




Program Disaster Plan adalah program yang meliputi perencanaan menghadapi bencana yang mungkin terjadi di RS. Ada banyak sekali bencana yang mungkin terjadi di rumah sakit, baik bencana internal maupu eksternal. Semua bencana ini harus punya cara penanggulangan dan sistem pencegahannya. Program disaster plan juga mencakup kejadian gawat darurat yang tidak hanya terjadi di lingkungan RS, tapi juga di lingkungan luar rumah sakit.

Dalam akreditasi rumah sakit program disaster plan sering disebut sebagai program penanggulangan bencana atau program kesiapsiagaan rumah sakit dalam menghadapi bencana. Kontennya sendiri meliputi asesmen resiko bencana dengan HVA, pengadaan sarana menghadapi bencana dan evakuasi hingga pelatihan atau simulasi dalam menghadapi bencana.

Setiap rumah sakit wajib memiliki program disaster plan setiap tahunnya. Program ini juga wajib dievaluasi secara berkala atau ketika terjadi bencana. Dalam membuat program ini tidak bisa asal-asalan atau hanya sekedar copy paste dari file orang lain. Ada baiknya sebelum membuat program disaster plan kamu melakukan identifikasi bencana dan penilaian resikonya. Nah bila sudah maka dari sana kamu akan mendapatkan masalah-masalah. Carilah prioritas masalahnya, buat langkah perbaikannya lalu tuangkan hal itu dalam sebuah program disaster plan.

Dengan melakukan hal diatas maka kamu sudah bisa membuat program berbasis manajemen resiko. Bila kamu sudah melakukan hal diatas, maka bisa dipastikan surveyor akan memberikan nilai kamu yang bagus. Oiya untuk identifikasi bencana dan penilaian resikonya kamu bisa menggunakan form HVA atau Form Identifikasi bahaya secara umum. Jadi gak perlu bingung ya.

Satu yang pasti, dalam membuat program disaster plan sebaiknya kamu punya fokus setiap tahunnya. Misal pada tahun ini kamu fokus dalam bencana kebakaran dan gempa bumi, tahun depan huru hara dan bom, tahun depannya wabah atau pandemi. Nah dengan punya fokus seperti ini maka program disaster plan yang dibuat akan sedikit lebih terarah. Rumah sakit pun jadi semacam punya rencana jangka pendek, rencana jangka menengah dan rencana jangka penjang dalam penanggulangan bencana.

Program disaster plan sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap rumah sakit. Dengan adanya program disaster plan ini, maka diharapkan rumah sakit mampu secara profesional menangani bencana yang terjadi di lingkungannya. Selain itu, program disaster plan juga harus selalu dilaksanakan secara konsisten dan dilakukan evaluasi jika terjadi hal yang tidak sesuai dengan perkiraan.

Contoh Program Disaster Plan dibawah ini, saya akui masih banyak kekurangan di dalamnya. Jika kamu menemukan kesalahan/ketidaklengkapan/ketidaksesuaian mohon dimaklumi, karena ketika saya membuatnya dulu, saya masih baru dan masih belajar tentang dunia K3RS

Berikut contoh Program Disaster Plan Versi KARS 2012 :
1.     

Posting Komentar untuk "Program Disaster Plan Rumah Sakit"