Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Pengamanan Kebakaran Rumah Sakit




Program Pengamanan Kebakaran adalah program yang meliputi perencanaan menghadapi bencana kebakaran. Jika pada program disaster plan, kita merencanakan mitigasi pada semua bencana, nah untuk program pengamanan kebakaran, dikhususkan untuk menanggulangi bahaya kebakaran. Program pengamanan kebakaran juga mencakup segala hal yang dapat memantik kebakaran baik di dalam dan luar rumah sakit. Selain itu program pengamanan kebakaran juga berkaitan dengan utilitas-utilitas yang dipunya rumah sakit.

Kita semua tahu bahwa sebuah bangunan pasti selalu memiliki resiko kebakaran. Begitu juga di rumah sakit. Rumah sakit merupakan tempat banyak orang bertemu. Rumah sakit juga banyak memiliki alat atau sarana yang punya resiko kebakaran. Makanya program pengamanan kebakaran ada baiknya selalu dibuat dan dievaluasi setiap tahunnya.

Program pengamanan kebakaran sendiri dapat dibuat terpisah atau tergabung dengan program induk MFK. Dalam pembuatannya sebaiknya dibuat berdasarkan asesmen resiko kebakaran. Jadi jangan terbalik ya. Lakukan asesmen resiko kebakaran dahulu, lalu hasil dari asesmen tersebut dibuat programnya. Karena program pengamanan kebakaran ini wajib berbasis resiko.

Untuk konten programnya sendiri biasanya berkisar pada sistem deteksi kebakaran, sistem pemadamaan kebakaran, peralatan evakuasi, sarana evakuasi, pelatihan dan simulasi kebakaran. Salah satu bentuk kegiatan program pengamanan kebakaran adalah simulasi kebakaran dan pelatihan apar pada petugas rumah sakit. Ada juga maintenance alat kesehatan yang mempunyai resiko terbakar atau meledak. Selain itu program pengamanan kebakaran juga meliputi area-area resiko kebakaran yang ada di rumah sakit.

Di dalam program pengamanan kebakaran juga terdapat soal kawasan tanpa rokok. Jadi disebutkan bahwa rumah sakit wajib memiliki regulasi soal kawasan tanpa rokok. Nah regulasi ini dapat berbentu program KTR dan panduan KTR. Ada baiknya program KTR ini terpisah dari program pengamanan kebakaran agar programnya bisa spesifik lagi. Untuk program KTR sendiri isinya ya berkisar soal upaya rumah sakit dalam membuat RS menjadi kawasan tanpa rokok sesuai regulasi dari pemerintah daerah atau pusat.

Dalam membuat program pengamanan kebakaran kamu wajib fokus pada pengendalian bahaya kebakaran di dalam rumah sakit dan di luar rumah sakit. Hal ini penting adanya karena bahaya kebakaran juga beresiko cukup besar terjadi di area sekitar rumah sakit.

Contoh Program Pengamanan kebakaran versi KARS 2012 dibawah ini, masih jauh dari kata sempurna. Saya akui itu. Jika kamu menemukan kesalahan/ketidaktepatan/ketidaklengkapan mohon dimaklumi dan bisa dikoreksi di bagain komentar atau bisa langsung email ke saya langsung.

Berikut contoh Program Pengamanan Kebakaran versi KARS 2012 :

1.   

Posting Komentar untuk "Program Pengamanan Kebakaran Rumah Sakit"