Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) RS Sesuai Standar Akreditasi 2022

 

Program MFK Rumah Sakit 2022

Pada kesempatan kali ini kita akan sharing terkait dengan program manajemen fasilitas dan keselamatan (MFK) sesuai standar akreditasi 2002. jadi beberapa waktu yang lalu Kementerian Kesehatan mengeluarkan standar akreditasi Rumah Sakit terbaru yang dipublikasikan dalam bentuk kepmenkes nomor 1128 tahun 2022 . Di Kepmenkes ini sudah spesifik membahas akreditasi rumah sakit mulai dari biayanya, lembaga peng akreditasinya, hingga standar akreditasi yang sudah diperbaharui dari standar-standar sebelumnya.

Standar akreditasi Rumah Sakit 2022 di Point MFK ada beberapa perubahan bila dibandingkan dengan standar snars 2018. Perubahan itu mencakup poin-poin mfk yang dulu mungkin dikenal dengan 6 poin MFK sekarang menjadi 10 poin MFK. Nah 10 poin MFK ini sebenarnya Enggak beda jauh dengan 6 poin sebelumnya, hanya saja ada beberapa pemisahan seperti poin keselamatan dan keamanan yang dulu digabung sekarang dipisah.

Lalu ada poin tersendiri khusus pengelolaan konstruksi renovasi dan demolish, yang di standar dahulu tergabung di poin MFK 4 (keselamatan dan keamanan). Selain itu ada juga beberapa hal-hal di elemen penilaian yang mendapatkan penambahan maupun pengurangan standar.

Di standar akreditasi 2022 ini rumah sakit tetap wajib membuat program manajemen fasilitas dan keselamatan (Program MFK). Hal ini diatur dalam standar Penilaian penilaian mfk 1, dimana tertera didalamnya kalau  rumah sakit wajib membuat program manajemen fasilitas dan keselamatan yang terdiri dari Point A sampai J.

 Jenis program MFK di Standar 2022 ini tidak dijelaskan secara rinci apakah program ini bisa digabung berupa program induk atau harus terpisah-pisah seperti program tersendiri. Namun baik program induk ataupun program terpisah sebetulnya sama saja dan yang penting rumah sakit membuat programnya dan mengimplementasikannya.

Dalam membuat Program mfk Rumah Sakit sesuai standar 2022 kamu wajib membuat program berdasarkan 10 poin yang disebutkan dalam standar yaitu keselamatan, keamanan, pengelolaan B3, proteksi kebakaran kewaspadaan bencana, pengelolaan utilitas, pengelolaan alat medis, pengelolaan kegiatan konstruksi renovasi dan demolish, dan  pelatihan MFK.

Tentu saja dalam membuat program MFK kamu harus memenuhi maksud dan tujuan yang ada di standar yang terbaru dan menambahkan referensi-referensi lain yang sekiranya dibutuhkan.

Program MFK dapat dibuat oleh unit yang ada di rumah sakit yang ditunjuk selaku penanggung jawab mfk. Bila di rumah sakit menentukan bahwa tim atau komite K3 selaku penanggung jawab mfk, maka unit tersebut yang membuat program MFK.

Namun, Sebetulnya program MFK ini juga tidak masalah bila berada di dalam program kerja unit. Misalnya unit Kesling, mempunyai program kerja Kesling. Nah Kesling juga dapat memasukkan item program pengelolaan B3 dan Limbahnya ke dalam kegiatan di program kerjanya, sehingga program kerja tersebut terintegrasi dengan program MFK.

Sayangnya, kamu harus pintar-pintar beradu argumen dengan surveyor jika ingin memakai skema diatas, karena surveyor biasanya punya pemikiran sendiri dan saklek dengan standar akreditasi yang ada. Makanya kami merekomendasikan agar program MFK sebaiknya dibuat tersendiri saja, ada SK programnya, ada anggarannya dan ada penanggung jawabnya. Sehingga akan memudahkan kamu ketika menghadapi surveyor nantinya.

Dalam membuat program mfk pastikan kamu mematuhi format standar pembuatan program yang ada di rumah sakit masing-masing. format program RS biasanya terdiri dari latar belakang, pendahuluan, tujuan, kegiatan, rincian kegiatan, cara melaksanakan kegiatan, jadwal kegiatan dan anggaran, evaluasi kegiatan dan laporan. Banyak orang atau praktisi K3RS yang bingung bagaimana sih cara membuat program MFK Rumah Sakit sesuai standar 2002?

Nah, kamu bisa belajar Bagaimana cara membuat program tersebut di Akun YouTube kami yang dapat kamu saksikan di bawah ini :

 


Beberapa tips yang bisa kami sampaikan untuk memudahkan kamu dalam membuat program MFK adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah program MFK sesuai standar yang dimaksud, pastikan 10 poin MFK ada di dalam program
  2. Masukkan item-item yang ada di dalam maksud dan tujuan setiap standar,  ke dalam program MFK
  3. Masukkan juga item-item penilaian yang ada di Instrumen penilaian MFK 20122 ke dalam program
  4. Cari referensi kegiatan MFK dari internet, dari Rumah Sakit lain atau komunitas-komunitas K3 rumah sakit seperti KAK3RS atau PAKKI, dan
  5. Bila kamu tetap kesulitan dalam membuatnya, butuh cepat atau ingin punya program MFK sesuai standar akreditasi RS 2022, kamu bisa memesan Program MFK 2022 di INFOK3RS ID. INFOK3RS ID menyediakan ratusan dokumen K3RS dan MFK yang siap pakai, bisa diedit dan sudah disesuaikan dengan standar akreditasi Rumah Sakit terbaru. Kamu dapat melakukan pemesanan dengan menghubungi nomor kontak admin di website atau langsung mengisi form pemesanan dokumen di bit.ly/DaftarPemesananDokumenMFKInfokK3RSID

Pemesanan bisa dilakukan secara langsung ataupun melalui Tokopedia. Dengan memesan dokumen di kami kamu tidak perlu lagi pusing-pusing dalam membuat program, panduan dan dokumen akreditasi lainnya. Kamu tinggal pesan, terima dokumennya, sesuaikan dengan karakteristik Rumah Sakit masing-masing, lalu sahkan dokumen tersebut, maka kamu akan siap menghadapi akreditasi kapan aja.

Oke mungkin sekian sharing kita pada kesempatan kali ini. Temen-temen juga bisa berkunjung ke akun Instagram kami di @infok3rs dan juga akun YouTube kami di ariefsatiawan , karena ada banyak konten edukasi dan informasi seputar MFK dan K3RS baik regulasi, dokumentasi hingga implementasinya. jangan lupa follow dan subscribe ya.


Untuk pemesanan dokumen bisa cek di http://bit.ly/pemesananinfok3rs

 

Butuh konsultasi terkait K3RS atau MFK? Chat aja langsung di https://wa.me/6285697664651

 

#k3rs #infok3rs #mfk #akreditasirs


Posting Komentar untuk "Program Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) RS Sesuai Standar Akreditasi 2022"