Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas Rumah Sakit




Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas rumah sakit adalah program yang memuat tentang keselamatan dan keamanan lingkungan fisik rumah sakit. Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas erat kaitannya dengan resiko/bahaya yang dimiliki bangunan dan sarana/prasarana rumah sakit. Makanya Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas rumah sakit sangat berhubungan dengan perihal sistem kunci dan fasilitas RS lainnya.

Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas rumah sakit digunakan untuk acuan petugas K3RS maupun Tim Manajemen Resiko dalam mengaudit dan menginspeksi kelayakan bangunan/sarana/prasarana/fasilitas yang ada di rumah sakit. Kelayakan tersebut dinilai berdasarkan hasil pemeriksaan dan pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh unit terkait. Dalam pembuatan Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas rumah sakit, petugas K3RS wajib berkordinasi dengan Tim Manajemen Resiko, IPSRS, Kesling, Elektromedis dan Umum. Keenam pihak diatas wajib ikut serta dan berperan aktif dalam melakukan pemeliharaan dan pemeriksaan fasilitas dan sistem kunci yang ada di rumah sakit

Pemeliharaan Sistem kunci yang ada di rumah sakit biasanya terdiri dari pemeriksaan air bersih, air minum, air limbah dan berikut ketersediaannya, maintenance instalasi listrik utama dan alternatif, pemeliharaan gas medis. Sedangkan pemeliharaan fasilitas fisik rumah sakit meliputi, bangunan RS, peralatan non medis seperti furniture, alat elektronik, AC, lift, penangkal petir, sarana proteksi kebakaran (APAR, hydrant, Sprinkler, Smoke detector) dan sarana prasaranan lainnya. Program manajemen resiko fasilitas juga meliputi pemeliharaan alat alat kesehatan.
Dalam standar akreditasi rumah sakit Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas rumah sakit masuk ke dalam penilaian akreditasi rumah sakit. Pengawasan manajemen resiko rumah sakit masuk ke Pokja MFK (Manajemen Keselamatan dan Fasilitas). Di standar akreditasi rumah sakit versi SNARS 2018, Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas rumah sakit akan di observasi dan di review dokumennya serta diujicoba kebenarannya oleh surveyor. Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas rumah sakit masuk ke dalam elemen penilaian standar MFK 2 tentang Manajemen Resiko.

Secara umum, Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas rumah sakit berisi tentang :
1. Identifikasi bahaya dan penilaian resiko
2. Pemeriksaan Fasilitas dan sarana prasarana rumah sakit
3. Pemeriksaan bangunan rumah sakit
4. Pemeriksaan dan kalibrasi alat kesehatan
5. Pemeriksaan sistem kunci RS

Buat kamu yang ingin melihat contoh Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas Rumah Sakit, silakan kontak 085697664651 untuk pembelian dan pemesanannya. Kamu juga bisa konsultasi seputar K3RS atau MFK.

Posting Komentar untuk "Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas Rumah Sakit"