Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Hazard Vulnerability Analysis (HVA) Rumah Sakit




Hazard Vulnerability Analysis (HVA) rumah sakit adalah suatu tools/alat untuk identifikasi bahaya dan penilaian resiko dalam kesiapsiagaan rumah sakit menghadapi bencana di rumah sakit. HVA mirip dengan HSI (Hospital Safety Index), bedanya, bila HSI berupa ceklist/formulir isian berlembar-lembar, sedangkan HVA berupa tabel isian yang disertai skor-skor untuk penilaian resikonya.

Tools HVA yang dipakai di rumah sakit Indonesia banyak yang bersumber atau mengadopsi dari Kansas Department of Health and Environment. Saya sendiri juga menggunakan tools dari sini, karena memang dibanding yang lain, tools HVA kansas ini jauh lebih mudah dipahami dan spesifik khusus untuk rumah sakit.

Buat kamu yang tertarik untuk mencoba menggunakan HVA kansas ini untuk diaplikasikan di rumah sakit kamu, silakan googling saja dengan keyword HVA kansas. Kamu pasti akan menemukannya, baik tools nya maupun Guiding Book nya.

Bagi kamu yang sudah melihat contoh HVA yang saya sebutkan di postingan sebelumnya, berikut ini saya tambahkan panduan HVA tersebut. Panduan ini sudah sesuai dengan HVA yang saya share sebelumnya, jadi bila kamu berencana untuk menggunakan HVA tadi, kamu juga bisa menggunakan Panduan HVA ini untuk kelengkapan regulasinya.

Dalam beberapa kesempatan saya mengikuti survey akreditasi versi SNARS 2018, surveyor tidak hanya meminta dokumen HVA saja namun juga meminta kebijakan atau regulasinya. Regulasi ini bisa berupa Sop atau Panduan. Sebaiknya kamu menyediakan dua dokumen ini yakni Panduan HVA dan SOP pengisian HVA.  

Buat kamu yang ingin melihat contoh Panduan HVA Rumah Sakit versi infok3rs.id, silakan kontak 085697664651 untuk pemesanan dan pembeliannya. Kamu juga bisa melakukan konsultasi seputar K3RS atau MFK lho.

Posting Komentar untuk "Panduan Hazard Vulnerability Analysis (HVA) Rumah Sakit"