Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOP Penanggulangan Kebakaran Rumah Sakit




Kebakaran merupakan api yang tidak terkontrol dan tidak dikehendaki yang dapat menimbukan kerugian baik harta benda maupun korban jiwa. Api dapat terbentuk bila terdapat keseimbangan tiga unsur yang terdiri dari bahan bakar, oksigen, dan panas. Hubungan ketiga komponen ini biasanya disebut dengan segitiga api, sehingga bila mana salah satu unsur tersebut dihilangkan maka api akan padam.
Rumah sakit merupakan area yang memiliki resiko kebakaran. Resiko kebakaran ini tentu wajib dilakukan penanggulangan. Nah SOP penanggulangan kebakaran inilah yang bisa menjadi panduan kamu selaku K3RS dalam menanggulangi kebakaran. SOP ini wajib disosialisasikan kepada seluruh staf rumah sakit dan harapannya setiap staf juga harus menguasainya diluar kepala. Sehingga bila suatu saat ada bencana, staf rumah sakit bisa profesional dan sigap dalam menanganinya.

SOP Alur penanggulangan kebakaran ini bertujuan untuk melindungi sekaligus menjamin keselamatan setiap orang yang berada di lingkungan rumah sakit serta sarana dan prasarana yang berada di daerah kerja dipelihara dan dipergunakan secara aman dan efisien.

Selain itu, alur ini juga bertujuan untuk mengumpulkan tenaga penolong dengan seketika dalam rangka melakukan tindakan penanggulangan bencana serta untuk melokalisir area kejadian yang terbakar dengan tujuan agar tidak menjalar kebagian lain sehingga tidak menimbulkan kerugian yang sangat besar dan untuk meminimalisasi kecelakaan dan kerugian yang ditimbulkan akibat peristiwa kebakaran.

Dilakukan tindakan penanganan terhadap titik api sesuai ketentuan (R.A.C.E)
Rescue
:
Selamatkan orang dari bahaya api jika tidak membahayakan kehidupan anda sendiri.
Alarm
:
Bunyikan alarm atau melakukan pagging dengan menghubungi nomor extention emergency/ nomor extention pos security.
Confine
:
Cobalah untuk membatasi api dengan menutup semua pintu dan jendela untuk memerangkap api dan memperlambat perkembangannya.
Extinguish/
Evacuate
:
Padamkan api jika mungkin dan jika anda tahu                     bagaimana menggunakan alat pemadam kebakaran. Lakukan evakuasi jika api terlalu besar untuk dipadamkan.

Berikut ini adalah contoh SOP penanggulangan kebakaran  versi infok3rs.me. Sop ini merunut dari Panduan Pengamanan Kebakaran versi infok3rs.me yang telah di share sebelumnya. Makanya, bila kamu ingin mengadopsi SOP ini, sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dari kebijakan dan regulasi yang ada di rumah sakit kamu ya.

Dalam standar akreditasi rumah sakit Sop penanggulangan kebakaran masuk ke dalam penilaian akreditasi rumah sakit. SOP penanggulangan kebakaran rumah sakit masuk ke Pokja MFK (Manajemen Keselamatan dan Fasilitas). Di standar akreditasi rumah sakit versi SNARS 2018, SOP penanggulanagn kebakaran rumah sakit akan di observasi dan di review dokumennya oleh surveyor. Kamu selaku K3RS wajib untuk memahaminya diluar kepala. Oiya untuk SOP penanggulangan kebakaran rumah sakit masuk ke dalam elemen penilaian standar MFK 7 tentang proteksi kebakaran ya.

Buat kamu yang ingin melihat contoh SOP penanggulangan kebakaran Rumah Sakit versi infok3rs.id silakan kontak 085697664651 untuk pemesanan dan pembeliannya. Kami juga menyediakan jasa konsultasi dan pembuatan dokumen terkait MFK dan K3RS lho.

Posting Komentar untuk "SOP Penanggulangan Kebakaran Rumah Sakit"