Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Program MFK dengan Program K3RS


perbedaan program mfk dengan program k3rs


Banyak praktisi K3RS yang salah paham terkait Program MFK dalam standar Akreditasi SNARS 2018. Kebanyakan diantara mereka berpikir bahwa Program MFK adalah Program K3RS. Alasannya sederhana, karena di standar MFK banyak kerjaannya orang K3RS. Selain itu bila melihat PMK 66 Tahun 2016 tentang K3RS, isinya mirip-mirip dengan standarnya MFK. Makanya banyak yang salah paham disini.

Padahal, bila kita mencermatinya dengan seksama, maksud dan tujuan yang ada pada standar MFK 2 di SNARS 2018, disana tertera jelas bahwa Program MFK dengan Program K3RS sebenarnya berbeda dan tidak bisa disamakan.

Bila merujuk pada maksud dan tujuan di MFK 2, disana dijelaskan bahwa “Program manajemen resiko diperlukan untuk mengelola resiko di lingkungan pelayanan pasien dan area kerja staf”. Program MFK pun dapat dibuat terpisah atau dijakdikan satu program induk yang melingkupi keenam poin manajemen resiko fasilitas dan keselamatan.

Nah berdasarkan pemaparan ini, maka rumah sakit wajib membuat satu program manajemen resiko fasilitas dan lingkungan. Program ini sebaiknya dipisah dengan program K3RS. Karena baik secara judul, isi dan tanggung jawab banyak perbedaannya.

Program MFK lebih fokus dalam pengelolaan resiko terkait fasilitas, keselamatan dan lingkungan. Sedangkan program K3 dibuat untuk perencanaan implementasi keselamatan dan kesehatan kerja di rumah sakit. Meskipun secara kasat mata sama, namun untuk goalsnya berbeda. Makanya sebaiknya kedua program ini tidak digabung.

Ketika saya akreditasi tempo hari, waktu itu saya menggabungkan antara Program K3 dengan MFK, nah surveyor saya waktu itu kurang setuju dengan penggabungan tersebut. Alasan saya menggabungkannya adalah karena kesamaan antara poin-poin programnya baik di Program MFK ataupun Program K3RS. Namun menurut pendapat surveyor, meskipun memang isi programnya sama, namun sebaiknya programnya tetap dibedakan.

Pada elemen penilaian MFK 2 SNARS 2018, Pokja MFK diminta untuk menunjukan bukti Program Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan. Bila kamu menunjukan Program K3RS maka hal tersebut bisa tidak berlaku. Soalnya dari judul program saja sudah berbeda. Meskipun isi program K3RSnya sama dengan yang diminta di standar, tapi yang diminta di standar adalah Program yang Berjudul Program Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan.

Untungnya saya mendapatkan surveyor yang baik hati. Beliau memberikan jalan tengah kepada kami. Program K3RS kami ini bisa disetujui sebagai Program MFK, asalkan kami membetulkan struktur Tim K3nya. Di struktur Tim K3RS, ternyata belum ada satu tim/sub komite yang bertanggungjawab terhadap program MFK ini. Jadinya kan aneh, bila di struktur saja tidak ada tim MFK, kenapa di programmnya ada poin MFK dan disamakan dengan program MFK?

Kalaupun ingin disamakan memang sebenarnya tidak masalah, asalkan struktur Komite K3RS nya jelas. Bila kamu ingin menggabungkan Program MFK dengan K3RS, sebaiknya atur dahulu struktur Tim K3RS nya. Buatlah satu sub Komite-Sub Tim di dalam Komite/Tim K3RS nya, misalnya bernama Tim MFK. Nah di uraian tugas, fungsi, tugas pokok dan tanggung jawab, masukkan saja soal Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan.

Bila strukturnya sudah begitu, maka tidak masalah bila kamu menggabungkan antara Program MFK dengan Program K3RS nya. Dengan syarat, di program K3RS mu, buatlah satu sub Program yang bernama Manajemen Resiko Fasilitas, Keselamatan dan Lingkungan. Nah bila sudah begini, maka kamu pasti selamat dan meraih poin tinggi pada penilaian di MFK 2 ini.

Buat kamu yang sedang akreditasi dan berada di Pokja MFK, daripada ribet nantinya, sebaiknya tidak usah menggabungkan antara Progeram MFK dengan Program K3RS. Buatlah terpisah, meskipun isinya sama ataupun penanggungjawabnya sama. Lebih baik dipisahkan saja.

Oke sekian dulu tulisan dari saya, semoga artikel ini mencerahkan. Di tulisan selanjutnya saya akan menulis tentang Program MFK SNARS dengan lebih detail lagi, supaya kamu akan lebih mengerti lagi mengapa harus ada pemisahan antara Program MFK dengan Program K3RS.


Posting Komentar untuk "Perbedaan Program MFK dengan Program K3RS"