Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi Standar MFK 4 itu Milik K3RS atau Bukan?

standar mfk 4



Saya seringkali mendengar argument yang menyebutkan bahwa dalam standar MFK, sebagain besar adalah miliknya K3RS. Bila kamu mendengar argument seperti itu atau punya argument seperti itu maka bisa dipastikan bahwa kamu/dia masih belum mengerti soal dunia K3RS. Inilah yang seringkali terjadi di banyak rumah sakit. Masih banyak staf rumah sakit yang belum mengerti sepenuhnya soal konsep K3RS ini.

Makanya ada baiknya setiap praktisi K3RS sebelum melangkah lebih jauh ke impelentasi K3RS atau MFK ada baiknya ia memberikan edukasi soal ruang lingkup dari K3RS itu sendiri. Ya semacam pelatihan basic safety gitu, namun khusus pada bahasan K3RS. Edukasi ini ada baiknya dilakulan kepada seluruh staf rumah sakit,dari level yang paling bawah hingga yang paling tinggi. Dengan begiu, maka pemahaman akan K3RS bisa merapa dan semua satu pemikiran.

Sudah seringkali saya ucapkan bahwa MFK berbeda dengan K3RS. Program MFK berbeda dengan program K3RS. Program MFK merupakan program manajemen resiko fasilitas keselamatan dan lingkungan di area rumah sakit. Program ini dibuat untuk mengendalikan resiko terkait fasilitas dan lingkungan. Makanya pada prosesnya program ini bisa dibuat satu program tersendiri, atau bergabung dengan program kerja unit.

Kalau infoK3RS ID sendiri merekomendasikan agar program MFK ini tergabung dengan program kerja unit terkait. Soalnya ya pengendalian resiko paling cocok bila dilakukan oleh unit yang punya resiko itu sendiri. Dengan tergabung juga maka rumah skait gak perlu bingung dengan budget yang harus dikeluarkan. Selain itu dengan begini maka rumah sakit jadi tidak terlalu banyak punya program yang secara konsep sama.

Nah lalu bagaimana bila program MFK itu sudah dibuat program tersendiri (diluar unit) dan sudah diputuskan berbentuk terpisah-pisah (sesuai 6 poin MFK)? Nah biasanya kalau model programnya seperti ini, rumah sakit akan menunjuk PIC nya sesuai dengan nama program dan konten isinya. Jadi melihatnya dari permukaannya saja.

Misal pada program keselamatan dan keamanan. Dari segi Namanya saja pasti program ini akan diserhakan ke K3RS, soalnya di nama programnya ada embel-embel kata keselamatan. Saya suka lucu kalau dengar hal ini, soalnya di program tersebut kan ada kata keamanan juga. Apa K3 mengurusi keamanan juga? Apa security RS dibawah K3RS? Kan jelas tidak to yooo.

Saya pastikan bahwa memberikan program keselamatan dan keamanan ini menjadi tanggung jawab ke K3 dalah suatu pilihan yang sangat amat kurang tepat.

Silakan cek maksud dan tujuan dari standar MFK 4, elemen penilaiannya dan cek pula item W (wawancara) di setiap elemen penilaian. Kebanyakan malah bukan jobdesknya K3. Gak percaya? Mari kita ulas satu persatu.

Biar lebih mudah, kita langsung saja melihat elemen penilaiannya. Jadi cara paling mudah untuk menunjuk penanggung jawab di standar MFK SNARS adalah dengan melihat kolom W nya. W disana berarti wawancara, alias siapa yang akan diwawancara oleh surveyor pada standar tersebut. Orang yang diwawancarai ini sudah pasti adalah penanggung jawabnya.

Oiya sebelum melangkah lebih lanjut, untuk pembuatan program atau panduan MFK, saya lebih merekomendasikan agar Tim K3RS yang membuatnya. Jadi untuk regulasi, saya sih lebih senang K3RS yang membuatnya, atau K3RS punya peran sebagai reviewernya lah minimal.

Oke kita lihat elemen penilaian MFK 4 poin 3 s.d 5 khususnya pada poin W nya. COba cek apakah disana tertera nama K3RS? Tidak ada kan? Malah tidak ada sama sekali. Unit yang disebutkan di kolom W disana adalah bagian umum, satpam, IPSRS dan unit kerja. Disana juga tertulis penanggung jawab program manajemen resiko fasilitas dan lingkungan. Nah penanggung jawba ini yang sering disalah artkan menjadi K3, padaha sebetulnya adalah Bagian Umum.

penanggungjawab mfk 4

Lalu kita cek lagi poin 6 sampai 7. Lagi lagi dibagian wawancaranya tidak ada nama K3RS yang disebutkan. Tapi malah nama bagian umum, IPSRS dan unit Kerja. Dari elemen penilaian MFK 4 ini bisa kita simpulkan bahwa memberikan tanggung jawab standar ini ke K3RS ini tidaklah tepat.

penanggungjawab mfk 4

Kita lanjut ke MFK 4.1 dan 4.2.

Di MFK 4.1 dibahas soal PCRA. Nah PCRA ini seringkali diartikan menjadi kerjaan orang K3RS. Padahal K3RS hanya membuat regulasinya saja. Untuk pelaksanaannya ya unit terkait yang menjalankannya. Makanya dalam kolom W nya, bukan nama K3RS yang disebut, melainkan nama bagian umum/IPSRS/unit kerja dan Komite PPI. Ya soalnya K3RS itu fungsinya sebagai pengawasan dan verifikasi terhadap standar yang sudah ditetapkan. Bukan sebagai pelaksanannya. Inilah yang sering miss di rumah sakit.

penanggungjawab mfk 4

Begitu pula kalau kita melihat MFK 4.2. Disana juga sama sekali tidak ada K3RS nya. Unit yang disebutkan lagi-lagi bagian umum, IPSRS, keuangan dan komite PPI. Makanya baik di MFK 4, 4.1 atau 4.2 justru tidak ada K3RS-K3RS nya.

Nah dari hal ini bisa kita simpulkan dong ya, kalau menunjuk K3RS sebagai penanggung jawab program keselamatan dan keamanan MFK 4 adalah sebuah kesalahan. Penanggung jawab yang paling tepat disini adalah Bagian Umum/IPSRS. Jadi jangan lagi menunjuk K3RS sebagai penannggung jawab di MFK 4 ya. Soalnya ya sedikit banget kaitannya sama K3RS.

Terus juga kalau soal nama, mohon penamaan program MFK 4 ini disebutkan dengan lengkap. Program MFK 4 adalah Program Keselamatan dan Keamanan fasilitas dan Lingkungan. Disana sudah tertera jelas jelas kalau ini adalah keselamatan dan keamanan fasilitas. Bukan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jadi jangan mengartikan kalau ini adalah bagian dari programnya K3RS.

Posting Komentar untuk "Jadi Standar MFK 4 itu Milik K3RS atau Bukan?"