Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar SPO K3RS

 


Biasanya praktisi K3RS yang baru bekerja di rumah sakit, akan mengalami kebingungan dengan SPO-SPO K3RS. Kebingungan ini disebabkan oleh daftar SPO apa saja sih yang wajib dikeluarkan oleh K3? Apakah SPO yang berkaitan dengan MFK sudah serta merta langsung dikategorikan sebagai SPO K3? Lalu apa saja sebaiknya hal-hal yang wajib dijadikan SPO K3? Oke bagi kamu yang saat ini sedang bingung terkait hal itu, maka kamu akan menemukannya di tulisan ini.

Dalam menentukan hal-hal apa saja yang dijadikan SPO K3RS, maka tidak ada salahnya kamu menganut daftar SPO yang dikeluarkan oleh sertifikasi ISO 45001 atau SMK3. Dalam ISO 45001, prosedur K3 sendiri terbagi menjadi 9 hal, mulai dari peraturan umum hse, CSMS, HIRADC, Kecelakaan Kerja, Pengukuran/Pemantauan/Pemeriksaan K3, Tanggap Darurat, B3 dll. Sembilan hal ini lalu dipecah lagi sesuai dengan poin-poin yang ingin diatur atau disesuaikan dengan regulasi K3RS.

Misalnya dalam Pengukuran/Pemantauan/Pemeriksaan K3, di dalam sub tersebut kamu bisa memasukkan hal tentang inspeksi alat kesehatan, audit k3, pemeriksaan alat proteksi kebakaran berkala atau pengukuran lingkungan kerja.

Sebetulnya menentukan daftar SPO k3RS tidaklah sulit. Seluruh prosedur terkait K3 yang biasanya ada pada K3 secara umum, bisa kok di adopsi menjadi SPO K3RS. Misalnya pada SPO angkat-angkut. Dibeberapa sector, aktivitas angkat angkut identic dengan angkat-angkut barang. Nah kalau di K3RS, aktivitas angkat-angkut tidak hanya sebatas mengangkat barang saja. Bisa juga mengangkat pasien. Nah kamu bisa membuat SPO terkait angkat angkut pasien yang aman.

Lalu berkaitan dengan ergonomi kerja. Di rumah sakit juga banyak kok aktivitas terkait ergonomi. Nah kamu juga jangan sampai melewatkan hal itu ya.

Kamu juga bisa membuat SPO terkait penggunaan power tools atau handtools yang aman, soalnya benda-benda tersebut juga dipakai di rumah sakit. Power tools merupakan alat bantu kerja yang membutuhkan listrik seperti mesin bor, gerindra, mesin las. Handtools sendiri adalah alat bantu kerja seperti cutter, obeng dan palu. Nah alat-alat tersebut banyak dipakai juga kan oleh pegawai rumah sakit? Makanya kamu juga perlu membuat SPO tentang hal itu.

INFOK3RS ID memiliki daftar SPO K3RS yang wajib dimiliki oleh Tim K3RS. Dari daftar ini mungkin kamu akan menemukan SPO-SPO yang belum kami miliki atau belum kamu pikirkan bahwa itu perlu untuk dibuat. Bisa dibilang bahwa SPO K3RS itu gak terlalu banyak. Adapun daftar SPO K3RS itu adalah

1.       SPO LOTO

2.       SPO Ijin Kerja

3.       SPO Manual Handling

4.       SPO Angkat Angkut Pasien

5.       SPO Perawatan APAR

6.       SPO penggunaan APAR

7.       SPO Perawatan Hydrant

8.       SPO Penggunaan Hydrant

9.       SPO penggunaan power tools

10.   SPO penggunaan handtools

11.   SPO penggunaan tangga kerja

12.   SPO bekerja di ketinggian

13.   SPO Cara Pengisian HIRADC

14.   SPO cara pengisian JSA

15.   SPO Inspeksi K3

16.   SPO Perhitungan jam kerja selamat

17.   SPO pengukuran kebisingan

18.   SPO pengukuran pencahayaan

19.   SPO penanganan tumpahan B3

20.   SPO penyimpanan B3

21.   SPO pengadaan B3

22.   SPO pembuangan B3

23.   SPO penanganan kebakaran

24.   SPO penanganan gempa bumi

25.   SPO penanganan penculikan bayi

26.   SPO penanganan ancaman bom’

27.   SPO penanganan ancaman huru-hara

28.   SPO evakuasi pasien intensif

29.   SPO evakuasi pasien

30.   SPO evakuasi karyawan

31.   SPO pengaktifan code emergency

32.   SPO pelaporan kecelakaan kerja

33.   SPO investigasi ekcelakaan kerja

34.   SPO safety briefing

35.   SPO safety induction untuk vendor

Nah itulah daftar SPO K3RS yang wajib dimiliki. SPO diatas masih bisa beranak pinak lho ya. Jadi ada beberapa hal yang bisa kamu buatkan beberapa SPO. Dari ke tiga puluh lima daftar SPO K3RS diatas, apakah ada yang belum kamu miliki?

 

1 komentar untuk "Daftar SPO K3RS"

  1. Terima kasih informasinya, sangat membantu buat kami ygbaru belajar k3rs

    BalasHapus