Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Dasar K3 untuk Orientasi Karyawan Baru RS

 


Orientasi karyawan baru di rumah sakit merupakan salah satu agenda wajib yang sering dilaksanakan setiap bulannya kepada karyawan baru yang baru bergabung di rumah sakit. Orientasi karyawan baru ini biasanya berupa pelatihan dari pagi hingga sore yang ditutup dengan hospital tour. Orientasi karyawan baru diminta di standar SNARS 2018 khususnya di pokja KKS.

Pelatihan orientasi karyawan baru sendiri biasanya terdiri dari berbagai pelatihan. Agendanya hampir mirip-mirip di berbagai rumah sakit, seperti visi misi RS, struktur RS dan keHRD-an, Grooming, mutu RS, keselamatan pasien, pengendalian infeksi dan K3RS.

Materi K3RS yang dibawakan biasanya berbentuk dasar K3RS. Materi ini meliputi dasar-dasar K3 seperti regulasi K3, tentang K3, insiden K3, HIRADC, tanggap darurat dan lain-lain. Berhubung K3RS agak sedikit berbeda dengan K3 di sector lain, maka perlu dilakukan penyesuaian untuk materi dasar k3RS nya. Materi dasar K3RS sebaiknya tidak hanya mengacu pada SMK3, tapi dapat dikombinasikan dengan standar MFK SNARS 2018.

Tidak sedikit praktisi K3RS yang malah memasukkan materi-materi MFK di orientasi karyawan baru, padahal materi tersebut tidaklah tepat. Materi-materi MFK sudah spesifik untuk keperluan audit atau akreditasi RS, sedangkan materi dasar K3 adalah basic basic keselamatan kerja yang wajib dilakukan karyawan RS agar bisa terhindar dari kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja.

Materi soal MFK sebaiknya diperuntukkan sebagai Materi Dasar K3RS lanjutan saja. Kalau untuk basic K3RS sebaiknya tetap gunakan materi basic-basic K3.

Bila kamu searching di internet, maka bisa dipastikan bahwa kamu tidak akan menemukan materi dasar K3RS. Hal ini disebabkan karena memang K3RS belumlah seterkenal K3 di sector lain. Kelemahan K3RS adalah, kamu tidak bisa menggunakan secara utuh materi dasar K3 yang ada di internet-internet. Jadi memang butuh untuk dibuat khusus soal K3RS nya.

INFOK3RS ID punya contoh materi dasar K3RS yang cocok diajakrkan untik pelatihan orientasi karyawan baru. Materi ini sudah dikombinasikan dengan beberapa standar seperti PP No 50 Tahun 2012 soal SMK3, ISO 45001, PMK 66 tahun 2016 tentang K3RS dan SNARS 2018 MFK. Materinya sendiri ada sekiatr 45 slide, yang bila dibawakan menghabiskan durasi 45 menit – 1 jam. Cocok sekali untuk diajarkan di orientasi karyawan baru.

Sayangnya materi tersebut berbayar, bila kamu tertarik untuk memilikinya silakan kontak saja admin INFOK3RS ID di whatsapp nya.

Tapi tenang saja, pada tulisan kali ini kami akan membocirkan sedikit mengenai materi dasar K3RS. Materi dasar K3RS ini versi INFOK3RS ID ya. Jadi bila ada perbedaan dengan materi punya kamu, maka maklum saja, soalnya kami membuat materi ini dari 0 dengan memperhatikan regulasi-regulasi yang disebutkan diatas.

Materi dasar k3RS sendiri terdiri dari beberapa poin. Poin-poin ini kami yakini bahwa memang cocok untuk dijadikan wawasan bagi karyawan baru di rumah sakit. Adapun poin-poin tersebut meliputi :

1.       Definisi dan Tujuan K3

2.       Regulasi K3RS

3.       Insiden K3RS dan pelaporannya

4.       Manajemen resiko K3RS

5.       Pengendalian bahaya dan resiko

6.       Ergonomi kerja dan manual handling

7.       Pengelolaan b3

8.       Manajemen APD

9.       Code Emergency

10.   Tanggap darurat dan evakuasi

11.   Pengendalian kebakaran

12.   Contoh impelementasi K3 yang buruk dan baik

13.   Kesimpulan

Oke itulah poin-poin materi dasar K3 untuk pelatihan orientasi karyawan baru RS. Semoga dapat mencerahkan ya.

Posting Komentar untuk "Materi Dasar K3 untuk Orientasi Karyawan Baru RS"