Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Idealnya Jumlah Staf K3RS di Rumah Sakit?

 

jumlah staf k3rs

Ada beberapa rekan K3RS yang menanyakan ke kami terkait berapa idealnya staf K3RS di rumah sakit. Pertanyaan ini sangat menarik untuk didiskusikan. Soalnya K3RS memiliki kecenderungan yang berbeda dibandingkan k3 di sektor-sektor lainnya.

K3 di rumah sakit belumlah seperti K3 di sektor lain, katakanlah seperti di proyek, manufaktur atau tambang. K3 di rumah sakit bisa dikatakan masih dipandang sebelah mata. Hal ini banyak disebabkan karena masih kurangnya wawasan dan pngetahuan soal K3 di rumah sakit. Selain itu rumah sakit kebanyakan berfokus pada mutu dan keselamatan pasien, sehingga K3 masih dianak tirikan atau dinomorduakan.

Hal inilah yang membuat banyak rumah sakit memiliki kondisi berikut

-          Rumah sakit tidak punya staf K3

-          Jabatan K3 dijabat fungsional oleh orang structural

-          Jabatan K3 ada dibawah bagian umum/IPSRS

-          Jabatan K3 berbentuk Tim dimana orang-orang di dalamnya adalah tenaga kesehatan yang di SK-kan.

-          Jabatan K3 berbentuk komite dan dibawah direktur

-          Jabatan K3 tidak punya ketua, karena ketuanya langsung direktur.

Kondisi-kondisi diatas pasti terjadi di rumah sakit – rumah sakit di Indonesia. Padahal jabatannya satu namun strukturnya berbeda-beda. Bila kita berkaca di perusahaan non RS, kita bisa melihat bahwa jabatan K3 ada divisinya sendiri. Biasanya berbentuk Divisi HSE. Disini Ada General managernya, Managernya, SPV/Kordinatornya, Adminnya dan Oficernya. Makanya di perusahaan non RS staf K3 biasanya berjumlah lebih dari satu, sifatnya fultimernya, dan orangnya pun kerjanya ya hanya HSE saja (tidak fungsional dengan jabatan lain).

Nah lalu bagaimana dengan rumah sakit, berapa idealnya jumlah staf k3RS disana?

Bla ingin tahu jawabannya, maka paling gampang mencarinya melalui regulasi yang ada. Pada PMK No 66 Tahun 2016 tentang K3RS tidak disebutkan terkait jumlah staf K3 di rumah sakit. Disana hanya mengatur struktur organisasinya berikut tupoksinya.

Kalau kamu ingin tahun berapa idelanya jumlah staf K3RS maka kamu bisa gunakan acuan di regulasi permenaker tentang ahli K3 umum yaitu Permenaker No 2 Tahun 1992 tentang Tata Cara Penunjukan Kewajiban dan Wewenang Ahli K3.

Ahli K3 Umum adalah seseorang yang ditunjuk perusahaan dan kementerian ketenagakerjaan untuk mengawasi pelaksanaan undang undang keselamatan kerja. Ahli K3 umum di perusahaan sebaiknya berbentuk Fulltimer (purna waktu).

Di regulasi tersebut dijelaskan bahwa setiap tempat kerja wajib menunjuk Ahli K3 Umum bila memenuhi kondisi berikut :

1. Jumlah pekerja lebih dari 100 orang

2. Jumlah pekerja kurang dari 100 orang namun beresiko tinggi.

Kalau melihat dari uraian diatas maka kita bisa merencanakan berapa idealnya jumlah staf K3RS di rumah sakit. Kamu hanya tinggal lihta saja berapa jumlah pekerja di rumah sakit tersebut. Menurut undang-undang rumah sakit merupakan salah satu industry dengan resiko K3 kecil. Jadi berapa jumlah staf K3nya ya tinggal dilihat dari jumlah pekerjanya saja.

Bila suatu RS hanya memiliki 99 staf, kami kira mereka boleh saja tidak memiliki Ahli K3 Umum. Namun bila RS tersebut sudah jelas memiliki lebih dari 100 pekerja, maka sudah wajib hukumnya untuk memiliki staf K3RS yang Ahli K3 Umum. Beberapa pakar berpendapat bahwa untuk mengetahui berapa jumlah staf K3 di perusahaan tinggal lihat saja kelipatan 100 dipekerjanya.

1. 100 pekerja : 1 staf K3

2. 200 pekerja : 2 staf K3

3. 300 pekerja : 3 staf K3

4. dst

 Makanya kalau ada rumah sakit tipe B dengan 700 karyawan, 300 mitra kerja, 200 outsorcing, maka tidak elok rasanya bila staf K3 nya hanya 1 orang saja. Ada baiknya struktur K3 disana mengikuti perusahaan non RS, dimana K3 nya berbentuk satu divisi dan terditi dari beberapa staf K3 Fulltimer. Strukur sederhana seperti 1 ketua, 2 anggota, saya kira sudah cukup untuk di rumah sakit dengan karakteristik diatas, dengan catatan ketiga staf K3 tersebut fulltimer semua ya.

Oke itu saja sharing kita kali ini. Semoga bisa memberi pencerahan bagi anda yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan diatas.

Posting Komentar untuk "Berapa Idealnya Jumlah Staf K3RS di Rumah Sakit?"