Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Hospital Safety Index

cara membuat hospital safety index


Hospital safety index merupakan suatu tools yang digunakan untuk menilai kemampuan rumah sakit dalam menghadapi bahaya/bencana berdasarkan beberapa indikator. Hospital safety index berbeda dengan hazard vulnerability analysis (HVA). Perbedaannya ada pada tujuan penggunaannya. HVA berfokus pada analisa kerentanan RS dalam menghadapi bencana, sedangkan HSI berfokus pada penilaian kemampuan RS dalam menghadapi bencana.

Hospital safety index sendiri baru dimasukkan kedalam penilaian akreditasi sejak Standar Akreditasi RS berubah menjadi SNARS. Dahulu saat masih menggunakan standar KARS 2012, standar hanya meminta analisa berdasarkan HVA saja. Sedangkan di SNARS, standar membolehkan rumah sakit dalam memilih apakah menggunakan HSI, HVA atau bahkan keduanya.

Hospital safety index sendiri dikeluarkan oleh WHO. Kamu bisa mendapatkan formulir tersebut dengan mengunduhnya langsung di website WHO. Hanya saja, HSI versi WHO masih menggunakan bahasa inggris, hal ini tentu saja menjadi kendala di berbagai rumah sakit karena harus capek-capek mentranslatenya terlebih dahulu. Atau kalaupun mencarinya lewat google, kebanyakan translasi bahasa indonesianya belumlah versi resmi.

INFOK3RS ID memiliki Hospital safety index versi bahasa indonesia. Sayangnya Hospital safety index tersebut bukan translasi resmi dari WHO melainkan hanya translasi mandiri saja. Translasi ini juga belum melalui ahli tata bahasa atau ahli translasi bahasa, jadi memang benar-benar translasi mandiri. Kalau kamu ingin melihat contohnya, next time akan kami upload secara gratis di website ini ya.

Banyak sekali pertanyaan yang masuk ke DM atau chat kami yang menanyakan bagaimana cara membuat Hospital safety index. Padahal cara membuat Hospital safety index itu terbilang mudah. Bila kamu sudah pernah membuat risk asesment atau HVA sebelumnya kamu pasti tidak akan kesulitan dalam membuatya.

Satu yang pasti, dalam membuat Hospital safety index, tidak bisa hanya Tim/Komite K3 saja yang membuatnya. Sebaiknya tim perumusan Hospital safety index, harus berbentuk Tim dari berbagai unit terkait dan di SK-kan oleh direktur rumah sakit. Nah ketua tim ini baru boleh dari Tim/Komite K3.

Kenapa harus dari berbagai unit? Soalnya di form Hospital safety index, ada beberapa indikator yang paling tepat dijawab oleh unit spesifik tertentu. Misalnya pada indikator keselamatan bangunan. Orang K3 tentu tidak akan menguasai mengenai material bangunan secara rinci/mendetail. Pastinya yang tahu soal hal itu ya kontraktor yang membangun atau unit IPSRS.

Saat tim perumusan Hospital safety index sudah terbentuk, tahap selanjutnya adalah melakukan pertemuan untuk membuat Hospital safety index.

Dalam membuat Hospital safety index, kamu wajib menyiapkan beberapa tools terlebih dahulu, yaitu guiding book Hospital safety index, Form Hospital safety index dan Kalkulator Hospital safety index. Untuk Guiding book dan form Hospital safety index bisa kamu unduh langsung di situs WHO, akan tetapi untuk kalkulatornya entah kenapa belum tersedia disana.

Guiding book merupakan buku panduan untuk membuat Hospital safety index. Bila rumah sakit kamu ingin membuat panduan Hospital safety index, sebaiknya gunakan referensi dari guiding book Hospital safety index ini. DI dalam Hospital safety index ini tertera dengan jelas, seluruh panduan pembuatan Hospital safety index.

Sayangnya guiding booknya ada berlembar-lembar dan bikin keder dalam membacanya (soalnya berbahasa inggris). Nah buat kamu yang ingin guiding book versi bahasa indonesia atau malah ingin langsung berbentuk panduan Hospital safety index, silakan pesan saja dokumennya di INFOK3RS ID. Dijamin oke deh dokumennya.

Untuk form Hospital safety index yang disediakan WHO ada dalam format pdf. Sebaiknya format form Hospital safety index berbentuk excel, agar bisa langsung mengisinya di laptop, tanpa perlu mencetaknya, lalu mengisi secara manual. Buang-buang kertas bung. Apalagi tebal form Hospital safety index ada sekitar ratusan lembar.

Di form Hospital safety index inilah kunci dalam membuat Hospital safety index. Tim Perumusan Hospital safety index lah yang akan mengisi pernyataan/pertanyaan yang ada di form HSI itu.

Form Hospital safety index terdiri dari beberapa kolom, yaitu kolom bahaya, kolom tingkat bahaya, kolom respon RS dalam bahaya tersebut dan kolom observasi. Tim Perumusan Hospital safety index tinggal mengisi nilai/angka yang disepakati di kolom tingkat bahaya berdasarkan pernyataan pada kolom bahaya. Kalau saya sih biasanya mengisi dengan angka satu saja. Soalnya akan lebih mudah dalam menganalisa hasilnya.

Isilah form Hospital safety index dengan lengkap dan sesuai dengan kondisi masing-masing rumah sakit. Jangan lupa isi juga kolom observasi dengan benar. Form yang baik adalah form yang terisi dengan lengkap dan benar.

Bila sudah terisi semua, Hospital safety index belumlah jadi. Kamu harus melewati satu step lagi. Step inilah yang sering tidak dimengerti banyak orang. Step akhir ini dinamakan step kalkulasi hasil Hospital safety index. Bagaimana cara mengkalkulasi hasilnya? Yap kita gunakan satu tools lagi, yaitu tools Kalkulator Hospital safety index.

Kalkulator Hospital safety index berisi form Hospital safety index berbentuk excel yang sudah ada rumusnya. Rumus inilah yang akan mengkalkulasi hasil Hospital safety index. Kamu hanya tinggal mengisi angka 1 di kolom tingkat bahaya di seluruh pernyataan form Hospital safety index, maka hasilnya akan terbentuk secara otomatis. Gimana mudah kan?

Kalkulator Hospital safety index sendiri akan menampilkan hasil akhir, apakah index keselamatan rumah sakit kamu bernilai A, B atau C. Bila bernilai A, maka bisa dikatakan index keselamatan RS sudah baik. Bila bernilai B, maka index keselamatan RS bernilai sedang, sedangkan bila mendapat nilai C, maka index keselamaan RS kamu adalah buruk.

Bila sudah mendapat nilai, maka bisa dikatakan Hospital safety index sudah selesai. Namun ada baiknya pembuatan Hospital safety index ini dibuat dalam bentuk laporan. Laporan ini akan melengkapi administrasi kamu sekaligus membantu direksi dalam membaca hasil Hospital safety index  dengan lebih sederhana. Oiya laporan HSI ini juga kadang diminta oleh surveyor saat akreditasi. Soalnya dari sanalah surveyor bisa melihat rekomendasi dari Hospital safety index. Rekomendasi inilah yang akan dinilai oleh surveyor, apakah sudah ditindaklanjuti atau belum.

Buat kamu yang ingin punya dokumen HSI lengkap (guiding book, panduan HSI, Form HSI, Laporan HSI) INFOK3RS ID memiliki dokumen itu semua, bila kamu tertarik dengan dokumen ini silakan pesan dikami sekarang juga.

Oke, begitulah cara membuat Hospital safety index. Semoga memberikan pencerahan ya. Bila ada yang ingin ditanyakan silakan tanya lewat DM atau kolom komentar di bawah ya. Terimakasih.

Untuk pemesanan dokumen bisa cek di http://bit.ly/pemesananinfok3rs

 

Butuh konsultasi terkait K3RS atau MFK? Chat aja langsung di https://wa.me/6285697664651

 

#k3rs #infok3rs #mfk #akreditasirs


Posting Komentar untuk " Cara Membuat Hospital Safety Index"