Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mengikuti Visitasi Pembinaan RS dari Binwasdal

 

visitasi binwasdal rs

Setiap setahun sekali rumah sakit di Jakarta akan mendapatkan visitasi dari Binwasdal Dinkes Kotamadya dalam rangka pembinaan rumah sakit. Visitasi binwasdal merupakan visitasi yang bertujuan untuk membina rumah sakit agar bisa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Visitasi pembinaan ini sebelumnya dilakukan secara visit langsung ke tempat, namun saat pandemi dilakukan secara daring/online. Visitasi ini sendiri sebetulnya mirip-mirip seperti akreditasi, namun tidak seketat akreditasi, baik form pemenuhannya ataupun surveyornya.

Surveyor visitasi ini sendiri merupakan tim dari binwasdal dinkes kotamadya setempat. Jadi bila rumah sakit kamu berdomisili di jakarta timur, maka yang akan melakukan pembinaan adalah tim dari binwasdal jakarta timur. Jumlah surveyornya lumayan banyak, ada kali 10-12 orang.

Jangka waktu pemberitahuannya cukup unik, yakni hanya 1-2 minggu sebelum visitasi. Form pemenuhan nya sendiri ada puluhan halaman. Untuk K3 sendiri sangatlah spesial, karena form auditnya ada 3 halaman sendiri.

K3RS sendiri akan diaudit bersama PPI, Mutu dan kesling. Surveyornya sendiri ada 1-2 orang. Metode pembinaannya sendiri mirip-mirip seperti akreditasi, yaitu cek dokumen regulasi, cek dokumen implementasi dan cek lapangan. Kamu tidak perlu khawatir dengan surveyornya, karena tidak sedetail, segalak dan seseram surveyor KARS.

Form audit untuk K3RS ada 3 halaman tersendiri, dimana didalamnya ada dokumen regulasi dan dokumen implementasi. Bila rumah sakit sudah melakukan akreditasi, maka untuk pemenuhan dokumen regulasinya pasti akan jauh lebih mudah karena regulasi yang diminta mirip-mirip seperti regulasi di MFK seperti pedoman K3, panduan tanggap darurat RS, panduan proteksi kebakaran. Ada pula SPO-SPO yang familiar di MFK seperti SPO penanganan ancaman bom, SPO penanganan B3, SPO penanganan ledakan gas dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk dokumen implementasi yang diminta diantaranya adalah laporan pelaksanaan MCU karyawan, laporan simulasi tanggap darurat, bukti sosialisasi K3 ke petugas, pengunjung dan pasien, evaluasi lingkungan kerja serta bukti inspeksi K3 di area.

Yang unik di form pemenuhannya adalah ada beberapa poin yang tidak termasuk di daftar auditnya MFK, diantaranya adalah bukti analisa biaya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja pada SDM, umpan balik dari SDM RS mengenai kinerja K3, serta masa berlaku program K3 selama 3 tahun. Adapula SPO soal K3 yang tidak ada di MFK tapi diminta disini seperti SPO praktek ergonomi, SPO angkat-angkut,

Lama visitasinya sendiri khususnya di room K3RS adalah sekitar 2-3 jam. Nah poin penting disini adalah, sebisa mungkin semua dokumen regulasi atau implementasi yang diminta lebih baik dipenuhi semuanya. Karena kalau ada yang tidak ada, pasti akan jadi temuan dan diminta dilengkapi. Sebetulnya dokumen-dokumen yang diminta tidaklah terlalu sulit, karena masih seputar dunia MFK dan K3RS.

Kalau menurut kami, ceklis audit yang digunakan untuk pembinaan K3RS masih menggunakan standar dari KMK 1087 tahun 2010 tentang Standar K3RS. Padahal setahu kami standar tersebut sudah tidak berlaku lagi, karena sudah diganti dengan PMK No 66 tahun 2016 tentang K3 rumah sakit. Tapi ya kalau dilihat lagi baik KMK 1087 atau PMK 66, isinya memang tidak terlalu jauh berbeda.

Yang kami suka dari ceklis audit pembinaan K3 nya adalah ceklis audit tersebut menggabungkan antara MFK dan K3RS. Ada banyak unsur K3 nya di ceklis auditnya. Beda sekali dengan ceklis auditnya MFK dimana didalamnya sedikit sekali unsur K3 nya karena kebanyakan seputar manajemen resiko fasilitas dan lingkungan.

Buat kamu yang ingin mengetahui ceklis audit pembinaanya seperti apa, tenang saja, INFOK3RS ID akan menyediakannya untuk kamu. Silakan cek aja pdf viewer dibawah ini. Saran kami, lebih baik dicicil untuk melakukan pemenuhannya, agar ketika dilakukan visitasi dari binwasdal, kamu sudah siap menghadapinya.


Posting Komentar untuk "Pengalaman Mengikuti Visitasi Pembinaan RS dari Binwasdal"