Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Peninjauan dan Pembaharuan Program MFK

 

peninjauan dan pembaharuan program mfk

Di dalam standar 2 MFK terdapat poin yang menyebutkan bahwa rumah sakit wajib memiliki program manajemen resiko fasilitas yang masih berlaku dan program tersebut ditinjau dan diperbaharui bila terjadi perubahan dalam rumah sakit atau sekurang-kurangnya dalam waktu satu tahun.

Dalam standar ini Tim MFK wajib melengkapi dokumen dan bukti pelaksanaannya. Dokumen yang disertakan adalah Program MFK  yang berisi program manajemen resiko fasilitas, SK Program MFK yang berisi keabsahan dan masa berlaku program, lalu laporan pelaksanaan program untuk menjawab poin peninjauan dan pembaharuan program.

Bukti peninjauan dan pembaharuan program sendiri bisa kamu lengkapi dengan beberapa dokumen yaitu, panduan peninjauan dan pembaharuan program, disposisi dari direksi bila laporan tersebut sudah diserahkan ke manajemen, serta notulen hasil meeting presentasi laporan.

Peninjauan dan pembaharuan program sendiri harus dibuat regulasinya. Regulasi ini dapat berupa panduan atau SPO. Kami merekomendasikan bentuknya lebih ke panduan.  Namun, judulnya bukan panduan peninjauan dan pembaharuan program MFK, melainkan panduan MFK atau pedoman MFK rumah sakit. Nanti di dalam panduan atau pedoman tersebut ada sub-poin tentang peninjauan dan pembaharuan program amanjemen resiko fasilitas.

Peninjauan program MFK sendiri bertujuan untuk agar program tetap bisa sejalan dengan visi misi rumah sakit walaupun ada perubahan-perubahan yang terjadi. Misalnya bila rumah sakit pada pertengahan tahun 2021 membangun pelayanan baru, contohnya pelayanan geriatri. Nah pembukaan pelayanan baru ini tentu akan berdampak pada fasilitas dan operasional rumah sakit. Maka MFK yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan resiko fasilitas wajib melihat kembali apakah program MFK yang sudah ada saat ini sudah sesuai dalam mengelola resiko fasilitas di layanan geriatri tersebut.

Bila sudah sesuai, maka program MFK cukup ditinjau saja, namun bila tidak sesuai maka Program MFK wajib diperbaharui. Inilah maksudnya.

Pembaharuan program sendiri sebetulnya tidak susah-susah banget. Tim MFK tinggal membuat asesmen resiko tambahan saja untuk hal-hal baru yang terjadi. Dari asesmen resiko itu, maka akan berlanjut menjadi pelaksanaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi. Atau tim MFK juga bisa membuat sub-program baru di dalam program MFK yang sudah ada. Dalam contoh diatas, Tim MFK bisa menambahkan sub-program Pengawasan Pembuakaan Layanan Geriatri.

Baik peninjauan dan pembaharuan program ada baiknya di dokumentasikan agar ada bukti nya. Peninjauan dan pembaharuan program dapat dilakukan melalui meeting atau pertemuan dengan unit MFK. Hasil meeting tersebut dibuatlah notulensi atau laporan meeting. Notulen ini bisa kamu ajukan dalam menjawab standar bukti peninjauan dan pembaharuan program MFK.

Agar dapat dengan lancar melaksanakan peninjauan dan pembaharuan program MFK, maka sebaiknya kamu membuat regulasinya saja. Buatlah indikator-indikator tentang peninjauan dan pembaharuan program. Misal peninjauan dan pembaharuan program dilakukan bila :

-          Setiap 3 bulan sekali

-          Bila ada insiden level kuning dan merah

-          Bila ada pelayanan baru

-          Bila ada pekerjaan non rutin dan beresiko tinggi

-          Dst

Dengan dibuat indikator tersebut maka kamu akan lebih mudah dalam melakukan peninjauan dan pembaharuan progam secara berkala.

Lalu bagaimana bila program MFK kamu terpisah dan tidak berbentuk program Induk? Ya otomatis setiap program MFK kamu wajib meninjua dan memperbaharui satu persatu. Hal ini tentu akan merepotkan ya. Tapi mau bagaimana lagi. Karena keenam poin MFK sebutulnya saling terkait satu sama lain. Makanya sebaiknya untuk program MFK dibuatnya dalam bentuk Program Induk MFK saja.


Untuk pemesanan dokumen bisa cek di http://bit.ly/pemesananinfok3rs

 

Butuh konsultasi terkait K3RS atau MFK? Chat aja langsung di https://wa.me/6285697664651

 

#k3rs #infok3rs #mfk #akreditasirs


Posting Komentar untuk "Bukti Peninjauan dan Pembaharuan Program MFK"